5 Hotel Bintang 5 di Malang Raya, Cocok untuk Liburan Mewah


photo.jpg
Bagian depan Hotel Tugu Malang (Β© tuguhotels.com)

“Hotel bintang 5 di Malang Raya ada di mana saja, ya, Tom?” Seorang teman tiba-tiba bertanya. “Tumben tanya hotel bintang 5?” timpal saya. Bukan bermaksud menghina, kami berteman akrab. Jadi, candaan setengah menyindir bagi teman karib, apalagi sesama pria, adalah hal biasa. Bukan begitu? Lagi pula, setiap main ke Malang ia memang lebih sering bertanya penginapan yang lebih terjangkau, seperti hostel atau kos harian.

(Baca juga: Kos Harian: Alternatif Akomodasi Hemat Backpacking ke Malang)

Namun, malam itu saya tahu ia tanya serius. Sebulan lagi teman karib yang saya kenal sejak kuliah tersebut hendak menikah. Tinggal jauh di Jakarta, membuat kami jadi jarang bersua. Kabar baiknya, ia ingin memilih Malang sebagai salah satu destinasi bulan madunya. Supaya lebih spesial, ia ingin menikmatinya di hotel bintang 5 di Malang Raya.

Di Kota Malang sendiri sebenarnya hanya ada dua hotel bintang 5. Namun, sebagai keresidenan, yang mencakup pula Kabupaten Malang dan Kota Batu, Malang Raya punya 5 hotel bintang 5, yang tersebar di dua kota. Termasuk tiga di antaranya ada di Kota Batu.

Lalu, hotel bintang 5 mana saja yang tepat untuk dijadikan destinasi liburan mewah seperti bulan madu? Berikut rekomendasinya.

Hotel Tugu Malang

2
Kolam renang di Hotel Tugu Malang (Foto: Β© tuguhotels.com)

Bersebelahan dengan Balai Kota Malang, Hotel Tugu Malang menempati bangunan peninggalan zaman Belanda yang tetap terjaga keasliannya. Sekalipun klasik, hotel bintang lima ini langganan turis mancanegara. Alamatnya berada diΒ Jalan Tugu No 3 Malang.

Lokasi hotelnya dekat dengan Alun-Alun Tugu dan Stasiun Kota Malang, juga tak begitu jauh dengan Alun-Alun Kotak (Merdeka) denganΒ landmarkΒ bangunan tuanya, termasuk Masjid Jami, Gereja Kayutangan, hingga restoran legendaris, Toko Oen.

Hotel Tugu Malang juga punya galeri seni, seperti museum yang mengoleksi barang-barang antik sarat sejarah, bar lengkap denganΒ wineΒ berusia ratusan tahun, juga kolam renang dan restoranΒ fine-diningΒ yang cukup romantis untuk dipesan.

Harga per malam: Rp1.783.000,- sampai Rp3.173.333,-
Telepon reservasi: (0341) 363891

The Shalimar Boutique Hotel

3
Mobil antik sebagai properti di depan The Shalimar Boutique Hotel (Foto: Β© theshalimarhotel.co.id)

Hotel bintang 5 ini menempati bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Meski begitu, bagian interior The Shalimar Boutique Hotel sangat mewah. Kental dengan gaya arsitektur Eropa, serta penataan properti ala rumah elite bangsawan Belanda di masa silam. Tak heran, jika beberapa orang kaya sering menggelar pesta mewah di hotel yang beralamat diΒ Jalan Cerme No 16, Malang.

The Shalimar Boutique Hotel juga memiliki balkon yang menghadap langsung ke kolam renang maupun Taman Terompet Kota Malang. Selain itu, lokasinya dekat Idjen Boulevard yang dipenuhi beragam bangunan cagar budaya peninggalan Belanda, seperti Katedral Ijen.

Hotel ini juga dekat dengan perpustakaan Kota Malang, Museum Brawijaya, dan beragam destinasi kuliner enak lainnya, seperti Bakso Bakar Pahlawan Trip serta Hutan Kota Malang.

Harga per malam: Rp1.266.665,- sampai Rp3.666.667,-
Telepon reservasi: (0341) 324989

The Singhasari Resort Batu

4
Kolam renang di Singhasari Resort Batu (Foto: Β© thesinghasari.com)

Menuju pusat Kota Batu dari arah Kota Malang, tepatnya diΒ Jalan IR Soekarno No 120, Kota Batu, ada hotel bintang 5 bernama The Singhasari Resort Batu. Resor ini punya fasilitas mewah dengan konsep modern. Namanya juga cukup tersohor, termasuk langganan menggelar pesta pernikahan mewah.

The Singhasari Resort Batu punya kolam renang besar dengan pemandangan alam, seperti Gunung Panderman yang sangat jelas dilihat. Lokasinya juga cukup privat. Menariknya, hotel bintang 5 ini dekat dengan Jatim Park 1 dan 2, Predator Fun Park, Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular, maupunΒ tempat wisata terkenal di Kota Batu lainnya.

Harga per malam: Rp2.400.000,- sampai Rp3.400.000,-
Telepon reservasi: (0341) 513333

Golden Tulip Holland Resort Batu

7
Lamborgini di Golden Tulip Holland Resort Batu (Foto: Β© goldentuliphollandresort.com)

Jika ingin lebih privat lagi, tetapi dengan pemandangan alam, seperti Gunung Panderman, yang bisa dilihat lebih dekat, bisa memilih Golden Tulip Holland Resort Batu. Alamatnya diΒ Jalan Cherry No 10 Panderman Hills, Kota Batu.

Hampir keseluruhan desain, baik eksterior maupun interior hotel bintang 5 ini berkonsep modern. Bahkan dilengkapi dengan tempat spa mewah dan sauna. Dari Golden Tulip Holland Resort Batu, beberapa tempat wisata terkenal di Kota Batu juga relatif tak begitu jauh. Sebut saja Rumah Terbalik, Jungle Adventure Park, Batu Secret Zoo, Jatim Park 1 dan 2, hingga Alun-Alun Kota Batu.

Harga per malam: Rp1.482.667,- sampai Rp1.630.933,-
Telepon reservasi: (0341) 3302000

Jambuluwuk Batu Resort

6
Salah satu vila di Jambuluwuk Batu Resort (Foto: Β© jambuluwuk.com)

Dari kelima hotel bintang 5 yang ada di Malang Raya, Jambuluwuk Batu Resort merupakan yang paling jauh dari Kota Malang. Namun, sebanding dengan pemandangan yang ditawarkan. Dari balkon kamar, pemandangan Kota Batu juga Kota Malang dan sekitarnya bisa terlihat dengan jelas, apalagi jika malam hari. Gemerlap lampu kota terlihat indah dan menawan.

Hotel bintang 5 ini beralamat diΒ Jalan Trunojoyo No 99, Songgokerto, Kota Batu. Konsep penginapan yang ditawarkan berupa vila mewah yang dilengkapi beberapa kamar tidur. Wajar jika harganya juga lumayan mahal. Selain itu, Jambuluwuk Batu Resort memiliki fasilitas sauna dan kolam renang yang cukup lapang.

Dari Jambuluwuk Batu Resort, wisata paralayang di Gunung Banyak cukup dekat. Begitu juga Coban Rondo, Kusuma Agrowisata, Museum Angkut maupun Museum D’Topeng Kingdom hanya berjarak sekitar 2 kilometer saja.

Harga per malam: Rp3.850.000,- sampai Rp8.946.667,-
Telepon reservasi:Β (0341) 512999

Harga yang tertulis merupakan kisaran tarif normal dan sewaktu-waktu bisa berubah sesuai kebijakan masing-masing hotel. Termasuk kemungkinan lebih mahal saat hari libur. Namun, jika ingin mendapatkan harga lebih murah, cobalah memesannya jauh hari. Apalagi ada banyak promo menarik untuk hotel bintang 5 di Malang Raya tersebut diΒ aplikasiΒ online travel agentΒ (OTA) seperti Traveloka, Booking.com dan lainnya.

Perihal transportasi, juga tak perlu gamang. Sebagian besar hotel bintang 5 di Malang Raya tersebut menawarkan kendaraan tur. Atau, jika ingin tur sendiri, bisa memanfaatkan taksi online, seperti GoCar, Grab, dan Uber yang sudah tersedia di Kota Malang dan Kota Batu.

(Baca juga:Β 7 Macam Transportasi Umum Kota Malang Yang Bisa Dimanfaatkan)

Sebagai pertimbangan lebih lanjut, saya menganjurkan teman saya untuk menelepon pihak hotel, juga membaca ulasan, baik di OTA maupun TripAdvisor. Setidaknya untuk meyakinkan diri, mana hotel bintang 5 di Malang Raya yang pasti akan diinapi. Pertimbangkan pula dengan istri atau keluarga, jika memang tujuan liburan mewahnya untuk bulan madu atau piknik keluarga.Β Dengan begitu kenyamanan dan pengalaman berkesan yang didapatkan bisa dirasakan bersama.

Beruntung, dengan saran yang diberikan, teman saya jadi mendapatkan sedikit pencerahan tentang hotel bintang 5 di Malang Raya ini. Bagaimana, tertarik juga liburan mewah di Malang?

Diterbitkan oleh

Iwan Tantomi

A strong walker who likes to travel and eat Indonesian foods. Also a professional editor, a blogger, a man behind the camera. And, wanna friendship with me?

36 tanggapan untuk “5 Hotel Bintang 5 di Malang Raya, Cocok untuk Liburan Mewah”

  1. Hotel Tugu cakep ya, apalagi difoto malam gitu. Walapun ntah serem apa nggak mengingat bangunannya peninggalan belanda hahaha. Penasaran juga sama yang Singhasari dan langsung kaget ngeliat Jambuluwuk, serasa ada di Padang πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  2. Waktu bln lalu ke Malang, aku cuma lewatin Hotel Tugu, dekat banget sama Balai Kota ya, tapi gak pilih hotel ini, aku lbh memilih homestay yg lbh deket lagi ke stasiun (pdhl mah biar sesuai bujet, hehe)

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.