Cara Mudah Memahami Teori BTS atau Bangtan Universe (BU) dan Bunga Smeraldo


BTS dikenal memiliki banyak storyline yang saling berkesinambungan dalam setiap musiknya. Semua cerita tersebut kerap disebut sebagai BTS atau Bangtan Universe (BU).

BU inilah yang membuat karya-karya BTS selalu menarik dinanti dan disimak. BU ini sendiri kerap ditandai dengan teori Bunga Smeraldo.

Apa itu Bunga Smeraldo?

Menariknya, Smeraldo sendiri merupakan bunga fiktif. Smeraldo adalah bahasa Italia dari Emerald.

Legenda Bunga Smeraldo

Selain menjadi nama sebuah bunga fiktif, Smeraldo juga menyimpan legenda tersendiri. Hal ini dijelaskan dalam tulisan Legend of the Smeraldo Flower di Medium.

Legenda Smeraldo lekat kaitannya dengan kisah cinta seorang pria kepada seorang perempuan yang tak bisa tersampaikan dan berakhir dengan kesedihan.

Bunga Smeraldo diceritakan mekar di La Citta Di Smeraldo, sebuah pedesaan di utara Italia.

Di sana hidup seorang pria yang tinggal di kastil sendirian, akibat diasingkan oleh keluarganya. Ia berasal dari keluarga bangsawan, tetapi karena lahir di luar pernikahan, ia dianggap petaka, sehingga perlu dikucilkan.

Gara-gara hal tersebut, ia jadi insecure dengan dunia luar. Satu-satunya yang dilakukannya sebagai hiburan adalah menanam bunga.

Hingga suatu hari ada seorang gadis miskin, yang kerap mencuri bunganya berulang kali. Sampai pada akhirnya si pria memutuskan untuk membuntuti si gadis tersebut hingga ke desa dengan mengenakan jubah.

Ternyata gadis tersebut mencuri bunga untuk dijual, demi menyambung hidup. Si pria lantas mencoba membantu menanam bunga terbaik, dengan serangkaian eksperimen, hingga terciptalah Smeraldo.

Sayang, setelah ditunggu beberapa lama, si gadis tak kunjung datang. Ia akhirnya memberanikan diri untuk bertanya ke desa, dan justru kabar sedih yang diterima, lantaran si gadis telah meninggal.

Tentu saja si pria merasa sangat sedih dan menyesal, karena sampai saat terakhir ia belum sempat berjumpa langsung dan berani mengungkapkan rasa cintanya kepada perempuan tersebut, yang tak lain adalah orang yang dikaguminya untuk pertama kali.

Itulah kenapa Smeraldo juga disebut sebagai ‘non potevo dire la verita’ atau The Truth Untold. Uniknya, kisah kesedihan ini pun dijadikan lirik lagu BTS berjudul sama The Truth Untold dari album Love Yourself: TEAR.

Smeraldo Blog dan Teori Comeback BTS

Buah kecerdikan Big Hit Entertaiment untuk menguji kemampuan ARMY pun tak berhenti dari sekadar kaitan antara legenda Smeraldo dan lagu BTS.

Menariknya, ada sebuah akun media sosial sekaligus blog bernama Smeraldo, yang kemudian lebih dikenal sebagai Smeraldo Blog.

Blog tersebut dibuat pertama kali pada 2017, di mana Jin BTS diplot sebagai tokoh sentral yang memerankan sosok pria dalam legenda Smeraldo.

Kisah Jin BTS pun kemudian menjadi storyline bertajuk Hwang Yang Yeon Hwa atau yang lebih mudah dikenal sebagai HYYH. Kalau diartikan HYYH bermakna The Most Beautiful Moment in Life.

Lagi-lagi, HYYH menjadi konsep dasar sekaligus nama album BTS. Jalan cerita Smeraldo kemudian berlanjut hingga muncul Highlight Reel yang menjadi cikal bakal lahirnya konsep album BTS Love Yourself.

Kamu bisa memahami potongan storyline BU, termasuk karakter yang diperankan masing-masing member BTS, dengan menonton video berikut ini:

Aktifkan CC untuk mengetahui artinya.

Baru-baru ini Smeraldo Blog kembali update informasi terbaru. ARMY pun kembali dibikin penasaran akan lahirnya kelanjutan dari HYYH sebelumnya.

Hal ini karena Smeraldo Blog menjadi petunjuk yang kerap tepat dengan tanggal comeback BTS. Kamu bisa mengikuti update terbaru Smeraldo Blog di sini.

Panduan Memahami BTS/Bangtan Universe (BU)

Jangankan ARMY baru, ARMY lama saja kadang belum memahami sepenuhnya teori BU ini. Namun, jika kamu tertarik memahami lebih jauh untuk mempelajari BU, panduan mudah dari akun twitter @BiasedOT7 berikut ini bisa kamu coba:

Selain itu ada video yang merupakan kompilasi dari semua Music Video (MV) BTS yang bisa kamu tonton juga untuk memahami lebih mudah BU berikut ini.

Gimana, sudah ada gambaran tentang BU? Jangan sungkan bagikan teorimu juga di kolom komentar di bawah ini, ya, ARMY!

Diterbitkan oleh

Iwan Tantomi

A strong walker who likes to travel and eat Indonesian foods. Also a professional editor, a blogger, a man behind the camera. And, wanna friendship with me?

One thought on “Cara Mudah Memahami Teori BTS atau Bangtan Universe (BU) dan Bunga Smeraldo”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.