Awal Cerita

DSC03218-001.JPG
Kapal RoRo di Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau Indonesia [Fotografer: Iwan Tantomi]

Blogging, dunia yang sebenarnya saya kenal sejak SMA. Tapi, seperti kebanyakan orang yang enggak begitu paham dan bingung mau diisi apa, blog yang saya bikin akhirnya mentok hanya berisi tugas puisi Bahasa Indonesia. Itupun first and only, setelahnya bye! Minimnya kawan yang doyan blogging juga jadi salah satu alasan kenapa saya enggak rajin ngeblog waktu itu.

Saya yang punya kebiasaan selalu tanya jika enggak paham, merasa BT maksimal ketika teman – yang saya kenal – seantero sekolah enggak ada yang paham soal blog. Malah ada yang nyeletuk, “Blog, masih zaman tuh?”. Belagu banget, padahal dulu masih tahun 2006, sudah langsung dibilang saja blogging enggak zaman.

Masuk kuliah, tugas bikin makalah sudah kayak kacang rebus yang dijual murah-meriah. Setiap hari ada saja tugas ketik-ketik. Karena butuh referensi, mulailah saya rajin  googling sana-sini. Beragam blog pun enggak terlewat untuk saya baca. Merasa dapat hidayah, akhirnya saya coba bikin blog baru, lantaran blog yang zaman SMA sudah enggak pernah dibuka sampai lupa username dan password-nya. Masalah klasik banget, kan? P

ikir saya, daripada makalah dan laporan praktikum yang saya ketik cuma tersimpan di hard-disk laptop, mending saya share biar bisa dibaca orang lain. Namun, lagi-lagi blogging di bangku kuliah enggak bisa langgeng, gara-gara enggak ada teman yang sehobi ngeblog. Tutup gerai lagi, deh!

Berulang kali buka-tutup blog, saya malah sempat berpikir, mungkin blogging bukan dunia saya. Apalagi, pekerjaan pertama saya sangat jauh dari kegiatan mengetik. Setiap hari hanya pegang mikroskop dan ternak mikroba. Makin enggak kepikiran untuk blogging.

Baru, setelah banting setir, memburu pekerjaan yang sesuai passion saya, menulis, akhirnya saya bisa bertemu dengan blogger sungguhan. Serunya, mereka ada di sekitar saya, rekan kerja saya. Gara-gara dorongan mereka pula, akhirnya saya membuka blog baru – yang nggak alay seperti blog saya saat SMA-kuliah, menggunakan nama saya sendiri: iwantantomi.wordpress.com.

Sebagai bentuk keseriusan, saya sampai menutup semua blog yang pernah saya bikin agar saat di-googling, akun saya terfokus di blog ini. Perihal nama, saya pilih ‘Hi, Tom!’ yang terilhami dari beberapa panggilan teman. Oya, nama panggilan saya Tomi, tapi kalau mau menyapa ucapkan saja, “Hi, Tom!”.

Lalu, apa saja yang bisa dibaca di blog ini?

Semua tulisan juga akun media sosial saya bisa langsung ditengok di sidebar sebelah. Untuk cerita terbaru dan paling hangat, bisa dibaca di ‘Cerita Baru Pasti Seru‘. Ada juga cerita paling epik yang difavoritkan pembaca lainnya, barangkali kamu juga suka? Langsung cek saja di ‘Cerita Paling Diburu’. Sementara, cerita yang paling saya favoritkan ada di Menu Cerita: Cerita Perjalanan di Indonesia, karena di sanalah kegemaran saya jalan-jalan dan bertualang mengarungi indahnya Indonesia saya ceritakan.

Oya, selain cerita perjalanan dan kisah unik sehari-hari di Cerita Untuk Kamu, saya juga gemar ikut lomba blogging. Hadiahnya ituloh yang bikin saya senewen sendiri kalau kalah dan mesam-mesem kalau menang. Haha. Itulah alasannya kenapa saya bikin kategori khusus bernama Ikutan Lomba Blog. Karena di sana banyak tulisan-tulisan lomba blogging saya bersarang. Dan, sebagian yang menang bisa dibaca di Buah Karya.

Mungkin tak ada yang bikin blogger manapun bahagia, selain apa yang dia tulis disukai (like), apalagi sampai dikomentari. Nah, jika kamu ingin membuat wajah saya seperti 🙂 bolehlah tinggalkan like atau seperti 😀 langsung aja kasih komentar. Kalau kasih like plus komentar saya kasih 🐻 deh buat kamu. Terima kasih, ya, sudah mau baca awal cerita ini. Biar enggak penasaran dan kelamaan, langsung pilih-pilih sesuka hati cerita mana yang ingin kamu baca plus komentari.

Selamat membaca, ya!

Advertisements

36 thoughts on “Awal Cerita”

  1. “Hi, Toms!” salam kenal balik, pernah jalan2 di tanjung uban kah?
    wah..blogger sepuh nih ::sungkem, aku punya blog sejak sma di tripod, tapi ya gak pernah posting samsek. sampe akhirnya gak keurus karena lupa password, baru aktif ngeblog sejak kuliah di WP.. tadi sempat mampir ke IGnya, keren ya indonesia atau jawa timur punya hagia sophia sm santorini mini 🙂 btw, lulusan biologi yah?

    Like

    1. Pernah, pernah seminggu ke beberapa pulau di Kepri mas, termasuk Bintan dan Tanjung Uban.

      Blogger sepuh? *serasa sudah aki-aki*

      ngeblognya aja yang sepuh, orangnya masih belia kok. owh, baru melipir ke IG, hehe. mari kunjung-kunjung ke mari 🙂

      Iya, saya lulusan biologi mas. masnya makhluk biologi juga? 🙂

      Liked by 1 person

  2. Hi Toms!
    Ninggalin jejak di sini ah. Kebiasaan saya kalau memfollow blogger lain, pasti main-main ke ‘bagian perkenalan’ macam ini, supaya kenal sama tuan rumahnya.

    Jadi kerjaan pertama berhubungan sama mikroba? Dulu aku pernah bercita-cita jadi mikrobiologis, soalnya itu mata kuliah favorit dan menyumbang nilai besar di ijazah. Tapi nasib justru membawa ke arah yang lain 😀

    Sekali lagi, salam kenal yaaaa 🙂

    Liked by 1 person

  3. Hi Toms! *ngikut apa yang ada di tulisan #ehgimana
    Salam kenal! Saya suka tulisanmu Mas, menurut saya keren banget, berkarakter, mengalir dan padat makna juga sarat pesan. Saya suka berlama-lama membaca tulisan yang seperti ini soalnya sayang banget jika dilewatkan satu kata, hehe.
    Namanya blog di masa sekolah memang membuat diri merasa keren yak, saya merasa demikian dulu, tapi dengan sebab yang sama (entah mau menulis apa dan tak ada teman seperjuangan) maka nasib blog-blog awal saya pun sama, sudah gugur sebelum berperang, hehe.
    Oke kayaknya komentar saya kepanjangan lagi. Tanpa banyak ba bi bu, saya izin keliling dan baca-baca di rumah dunia maya ini ya! Tenang saja, meski saya clumsy tapi saya akan berusaha untuk tidak memecahkan perabotan. Hehehe…

    Liked by 1 person

  4. Hi, Tomsis. Kuikut ngeramein lapak ini, baru sadar ternyata belom ninggalin jejak di mari. Tulisan-tulisanmu menginspirasi, kak. Jadi banyak belajar tentang menulis yang baik dan bermanfaat di blog ini, syukur bisa kecipratan rejeki menang lomba kek kak Toms. 😀

    Liked by 1 person

    1. Yawoh disambangi blogger hits Solo reks.
      Ahaha, terima kasih, kakak.
      Tulisanmu juga menarik, banyak informasi sejarah yang kerap kugali dari blogmu – sambil manggut² sendiri. Kan kemarin dah kucipratin bakso, sempol, cilok bakar. 😂

      Liked by 1 person

  5. Hi Toms! *Sepertinya sapaan ini jadi viral tersendiri di sini ya 😁
    Salam kenal ya Mas. Kebetulan mampir, langsung seger baca tulisan-tulisannya. Inspiratif dan realistis. Keren! Izin baca-baca sambil belajar di sini ya.

    Liked by 1 person

  6. Blogmu ternyata sudah tak follow duluan sebelum aku menyapa pemiliknya hehe.
    Salam kenal Mas Tom! Senada denganmu, aku pun dulu gak punya teman-teman yang nge-blog, baik itu dari SMA maupun kuliah. Baru mulai ngeblog di 2014, tapi itu pun nggak keurus dan pakai nama sendiri. Barulah di tahun 2017 lalu mencoba belajar serius nulis, dan puji syukur karena melalui blog bisa bertemu dengan teman-teman baru, dan juga tentunya menemukan blog ini.

    Baca tulisanmu tentang pecel, seketika lgsg jatuh hati. Gaya bahasanya enak dan membangkitkan nostalgi sy ttg indahnya hidup di Jogja dan Jawa tengahan dulu.

    Liked by 1 person

    1. Haha, terima kasih. Ini masih belajar konsisten menulis blog dengan gaya bahasa ala sastra klasik begitu. Tapi, ya, harap dimaklumi jika di beberapa artikel masih ada yang tulisannya pakai gaya metro-pop. Sengaja memang tak saya hapus, agar bisa menjadi bukti dari proses menulis yang sudah saya lalui, agar saya bisa terus membenahi tulisan dari waktu ke waktu. 🙂

      Like

      1. Yoi mas, ndak apa-apa hehehe. Justru tulisan-tulisan lawas itulah yang nanti jadi saksi sejarah kalau blogmu nanti melangit hihihi.

        Kalau ke Jakarta nanti tak jak mlipir-mlipir mas haha.

        Liked by 2 people

      2. Amin. Jakarta mana?
        Saya bolak-balik Jakarta kok, cuma ya urusan pekerjaan, jadi kadang tak ada waktu pelesiran lama-lama, kalau memang enggak niatan khusus berlibur sedari awal. 🙂

        Liked by 1 person

      3. Aku di Jakarta Barat, tepatnya di Kalideres. Agak mentok sih, tp masih masuk Jkt mas 😂. Dari tempatku bisa lebih dket kalau mau telusur tempat2 di sekitaran Tangerang 😄. Aku jg ada motor hehehe

        Liked by 2 people

  7. Salam kenal Mas Tom.
    Gegara aku baca tulisanmu di salah satu majalah, makanya aku mampir ke blog ini deh. Seru sih blog tentang perjalanan gitu. Apalagi ada gaya bercerita yang memang sesuai pengalaman.
    Aku suka dengan kisah-kisah nyata yang ditulis dan dibagi kepada banyak orang. Semoga betah deh mengunjungi blogmu ini.
    Semangat berkarya yaa Mas*

    Liked by 1 person

    1. Halo Blogger Eksis,
      Wah sudah baca majalah yang mana nih? Terharu sekali jika dari majalah bisa sampai ke sini. Semoga tulisannya bisa menginspirasi agar sama² rajin ngeblog juga nulis di berbagai media, ya. 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s