15 Fakta I-LAND Mnet: Konsep Acara, Asal Agensi Peserta, Proses Seleksi dan Eliminasi, Cara Voting serta Link Nonton Live Streaming


I-LAND tengah ramai jadi perbincangan, lantaran baru saja dirilis episode perdananya pada 26 Juni 2020 di Mnet. Survival show ini menghadirkan 23 peserta I-LAND yang saling berkompetisi dengan unjuk bakal dan kemampuan dance, menyanyi dan rap, sekaligus live stage di hadapan juri dan peserta lainnya.

baca: 23 Profil Peserta I-LAND Mnet, Mayoritas Trainee Big Hit Entertainment

Ini karena hanya 12 peserta terbaiklah yang nanti bakal lolos dan debut sebagai idol baru. Hanya saja, beberapa orang masih belum banyak yang tahu tentang I-LAND ini.

Nah, biar lebih update, berikut 15 fakta I-LAND Mnet yang wajib banget kamu tahu.

1. I-LAND adalah program BELIFT+, perusahaan gabungan Big Hit Entertainment dan CJ ENM. BELIFT+ menjadi anak perusahaan Big Hit, seperti Source Music (Gfriend) dan Pledis Entertainment (Seventeen dan Nuest). Music Video (MV) I-LAND nantinya akan dirilis di channel YouTube Big Hit Labels.

2. Ada 23 peserta I-LAND di Mnet, mereka berasal dari beberapa negara: 16 dari Korea Selatan, 3 dari Jepang, 1 dari Taiwan, 1 dari Australia, 1 dari Amerika Serikat, dan 1 dari Vietnam. Dari 23 peserta, hanya 12 orang terbaik yang debut idol. [UPDATE: Pada I-LAND Episode 6, Yoonwon memutuskan mundur karena masalah kesehatan]

3. Usia peserta I-LAND paling muda adalah 14 tahun dan paling tua berumur 22 tahun. Mayoritas peserta I-LAND adalah trainee BELIFT+, dan beberapa dari Big Hit Entertainment dengan masa trainee rata-rata selama 2-3 tahun.

baca: 3 Peserta I-LAND Berbakat dari Trainee Big Hit Entertainment

4. Konsep I-LAND mengadopsi sistem manajemen trainee di Big Hit Entertainment. Selama 113 hari peserta I-LAND bukan hanya diminta mengenal dan akrab satu sama lain. Tapi, juga dituntut untuk berkompetisi dengan memberikan penampilan terbaik, agar bisa dipilih satu sama lain untuk mengisi komposisi ideal I-LAND sebagai global idol.

5. I-LAND juga kerap disamakan Hunger Games, karena selain bisa berkawan, peserta juga harus berat hati mendepak satu sama lain, bila memang penampilan selama kompetisi buruk.

6. I-LAND menghadirkan bangunan khusus yang mewah dan super canggih di tengah hutan sebagai tempat berkompetisi para peserta. Perlu waktu 3 tahun untuk menyelesaikannya. Bangunannya diset menjadi 3 bagian, yaitu lantai dasar, lantai tengah, dan lantai atas. Di bagian tengah ada lift yang menghubungkan lobi utama di I-LAND berbentuk telur.

7. I-LAND hanya dibuat khusus untuk menampung 12 peserta, selain 12 kursi utama yang akan diperebutkan oleh para peserta I-LAND, semua fasilitas termasuk kamar tidur mewah dan tempat latihan hanya bisa dinikmati oleh 12 peserta dengan hasil evaluasi terbaik setiap minggunya. Penghuni I-LAND selanjutnya akan disebut sebagai I-LANDER.

8. Peserta I-LAND dengan penampilan dan penilaian terburuk akan dikirim ke bangunan lain di luar I-LAND bernama GROUND dan penghuninya disebut sebagai GROUNDER. Tempatnya jauh dari kesan mewah, dan hanya berupa tempat latihan. Jika ingin balik ke I-LAND, GROUNDER harus kerja lebih keras untuk memberikan penampilan terbaik. Sebab, peserta di GROUND memiliki kesempatan sangat kecil untuk debut sebagai idol.

9. Peserta I-LAND tampil secara solo, duo maupun grup, dengan pilihan lagu bebas, termasuk lagu-lagu hits dari idol grup populer, seperti BTS, TXT, EXO, Monsta X, dan banyak lainnya. Namun, seiring dengan tantangan yang diberikan, lagu BTS banyak dipilih sebagai materi yang diberikan oleh para produser.

baca: Heeseung I-LAND: Trainee Big Hit yang Hampir Debut dengan TXT

10. Juri I-LAND yang disebut sebagai Produser adalah Bang Si Hyuk (CEO Big Hit Entertainment), Zico Block B dan Rain. Produser hanya mengevaluasi penampilan peserta I-LAND dari balik layar. [UPDATE: Produser bisa mengeliminasi peserta I-LAND mulai Episode 5]

11. Voting hanya bisa dilakukan oleh peserta I-LAND. Peserta dengan penampilan terburuk akan mendapatkan voting kecil dan berisiko keluar dari I-LAND dan akan dipindahkan ke GROUND. Jika ingin kembali jadi I-LANDER, GROUNDER harus bekerja lebih keras untuk menunjukkan penampilan nyaris sempurna. [UPDATE: Mulai Episode 5, voting global dibuka].

baca: Cara Voting I-LAND di Weverse, Selamatkan Idola Favoritmu dari Eliminasi

12. Live streaming I-LAND dapat ditonton di Channel YouTube Mnet KPOP dan Big Hit Labels. Di Indonesia, acara I-LAND hanya bisa ditonton via platform musik JOOX setiap Jumat jam 11 malam KST (9 malam WIB)

baca: Jungwon I-LAND: Peserta Potensial Bersuara Unik Jebolan Trainee SM Entertaiment

13. I-LAND juga ditangani oleh para produser dan koreografer utama Big Hit Entertainment. Mereka adalah mentor utama di balik musik, koreografi dan penampilan panggung BTS dan TXT.

14. Meski belum dikonfirmasi, besar kemungkinan akan ada penampilan BTS atau TXT di acara I-LAND, mengingat sebagian besar manajemen acara ini ditangani oleh Big Hit Entertainment. Mari dinantikan di episode-episode ke depan! [UPDATE: BTS dikonfirmasi hadir di I-LAND]

baca: BTS Hadir di I-LAND Episode 7 pada 14 Agustus 2020

15. Soundtrak I-LAND “Into The I-LAND” hadir dalam 2 versi. Versi pertama dinyanyikan oleh IU, dan versi kedua dinyanyikan oleh para peserta I-LAND.

baca juga: 12 Peserta I-LAND yang Lolos ke Part 2 dan Berpeluang Debut

Ketinggalan acara I-LAND? Baca rangkuman setiap episode I-LAND di bawah ini:

Diterbitkan oleh

Iwan Tantomi

A strong walker who likes to travel and eat Indonesian foods. Also a professional editor, a blogger, a man behind the camera. And, wanna friendship with me?

11 tanggapan untuk “15 Fakta I-LAND Mnet: Konsep Acara, Asal Agensi Peserta, Proses Seleksi dan Eliminasi, Cara Voting serta Link Nonton Live Streaming”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.