Arti Nama Sub Unit BTS hingga Alasan Membuat Lagu Jamais Vu, Respect dan Friends Terungkap di FESTA 2020


BTS baru saja merilis foto dan video sub unit sebagai rangkaian FESTA 2020. Menariknya, konsep sub unit inilah yang melatar belakangi lahirnya beberapa lagu sub unit BTS, dalam album Map of The Soul: 7.

Seperti diketahui, sejak era Map of The Soul, BTS membuat sub unit yang terdiri dari tiga grup. Sub unit pertama diumumkan lebih dulu secara tersurat lewat lagu Jamais Vu yang bisa didengarkan dalam album terdahulu, Map of The Soul: PERSONA.

Jamais Vu dinyanyikan oleh Jin, Jungkook dan J-Hope BTS. Mereka bertiga menjadi sub unit pertama yang mengolaborasikan vokal dan rap. Kemudian, ada sub unit kedua, yaitu RM dan Suga BTS dalam lagu Respect yang bergenre hip-hop. Posisi RM dan Suga sebagai rapper, membuat Respect lebih banyak menyuguhkan rap secara lirik.

baca: Daftar Lagu Solo, Sub Unit, dan Grup BTS di Album Map of The Soul: 7, Arti dan Filosofinya Dalam Banget

Sementara sub unit ketiga ada Jimin dan V BTS dalam lagu Friends yang menghabungkan vokal versatile Jimin dan suara soul-foul V. Baik, Respect maupun Friends baru diketahui sebagai lagu sub unit baru pelengkap Jamais Vu, dalam album Map of The Soul: 7.

Meski begitu, informasi yang melatarbelakangi lahirnya lagu-lagu sub unit ini baru disampaikan secara gamblang oleh setiap unit BTS dalam video terbaru untuk FESTA 2020. Berikut informasi selengkapnya.

Nama dan Arti Sub Unit BTS: Jin, Jungkook, J-Hope, serta Alasan Membuat Jamais Vu

Jin, Jungkook dan J-Hope berkelakar jika nama sub unit mereka bukan 3J tapi Jan Jan Kook. Sub unit ini lahir karena mereka punya kemiripan sifat, yaitu kocak dan suka bercanda.

Ketiganya pun ingin menyalurkan kesamaan sifat tersebut dalam sebuah karya. Bagi Jungkook, berkolaborasi dengan Jin dan J-Hope sangat unik dan baru, karena nggak pernah terpikirkan sebelumnya.

Menariknya, ketiganya sama-sama rendah hati nggak mau mengakui langsung. Jungkook dan Jin menilai J-Hope sangat berperan besar dalam lagu Jamais Vu.

Sementara, J-Hope mengaku jika peran Jungkook sebagai produser sangat besar dalam membuat lagu untuk sub unit ini.

Namun, ketiganya setuju jika Jamais Vu adalah lagu yang bagus dan bisa memberikan dampak positif bagi pendengarnya.

Tonton langsung arti lagu dan kenapa sub unit BTS Jin, Jungkook, dan J-Hope bisa terbentuk dalam video berikut ini:

Nama dan Arti Sub Unit BTS: RM dan Suga, serta Alasan Membuat Respect

RM dan Suga memilih Bang! Moon! sebagai nama sub unit dua rapper BTS ini. Bang! Moon! sendiri bisa diartikan sebagai teman, yang merefleksikan persahabatan keduanya.

RM dan Suga sudah bersahabat selama 10 tahun, dan mereka ingin membuat lagu yan kaya pesan positif dan bagus untuk disampaikan kepada fans, maka lahirlah Respect.

Respect juga menggambarkan bagaimana keduanya saling menghormati sebagai sesama sahabat, rekan kerja, sesama musisi, hingga ‘otak’ hebat di balik lagu-lagu BTS.

Kerennya, Respect hanya dibuat keduanya dalam waktu nggak lebih dari 30 menit. Bagi Suga nggak ada kesulitan dan membuat lagu ini, pun RM.

Hasilnya, Respect hadir dengan musik yang unik serta banyak ad-lib. Dengarkan lebih lanjut makna sub unit dan di balik lagu Respect dari Suga dan RM berikut ini:

Nama dan Arti Sub Unit BTS: Jimin dan V, serta Alasan Membuat Friends

Jimin dan V memilih 95’s Line atau Kelahiran 95 sebagai nama sub unit keduanya. Artinya, tentu saja karena keduanya lahir di tahun yang sama.

Sementara untuk pembuatan lagu, Jimin yang berinisiatif untuk mengajak V berkolaborasi dalam lagu Friends.

Awalnya, Jimin nggak pernah menyangka jika Friends bakal masuk album BTS, tetapi setelah diskusi dengan produser, Friends dinilai layak untuk menjadi lagu sub unit.

Lucunya, V dan Jimin cukup paham, jika fans tahu banget jika suatu saat keduanya bakal berkolaborasi. Sontak saja, unit ini seolah menjawab harapan fans.

Dari sisi makna, lagu ini berkisah tentang persahabatan Jimin dan V. Sedangkan untuk prosesnya, V mengaku bekerja keras untuk menaklukkan nada-nada tinggi dalam lagu Friends, dan akhirnya ia berhasil.

Ssst, di video ini V juga menjelaskan, jika orang yang dimaksud dalam lirik lagu 4 O’Clock ternyata Jimin. Penasaran kan? Langsung cek video selengkapnya di bawah ini:

Diterbitkan oleh

Iwan Tantomi

A strong walker who likes to travel and eat Indonesian foods. Also a professional editor, a blogger, a man behind the camera. And, wanna friendship with me?

3 tanggapan untuk “Arti Nama Sub Unit BTS hingga Alasan Membuat Lagu Jamais Vu, Respect dan Friends Terungkap di FESTA 2020”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.