RM BTS dan Younha Rilis WINTER FLOWER, Kolaborasi Pertama di Tahun 2020


RM BTS melanjutkan kolaborasi dengan artis-artis berbakat dan terbaik. Di tahun 2020 ini, RM BTS mengawali kolaborasi perdananya di awal dekade dengan menjadi rekan duet salah satu penyanyi legendaris Korea Selatan, Younha.

Projek kolaborasi ini pun masuk ke dalam album terbaru Younha yang telah rampung awal Desember 2019. Diketahui, Younha menggandeng RM BTS untuk single berjudul Winter Flower.

Younha lebih dulu membuat melodi untuk lagu Winter Flower, baru kemudian RM BTS yang menulis liriknya untuk lagu tersebut. Younha mengungkapkan jika ia sudah lama berkomunikasi dengan RM untuk membahas rencana kolaborasi tersebut.

Kesibukan yang super padat, membuat keduanya hanya bisa berkomunikasi lewat ponsel dan surel. Namun, karena sama-sama bertalenta Younha dan RM BTS akhirnya bisa melahirkan single kolaborasi tanpa tatap muka sama sekali. Lahirlah Winter Flower dengan komposisi musik dan lirik yang pas.

Kabar baik ini pun cukup mengejutkan ARMY di awal tahun, terlebih saat itu BTS bakal tampil di New Year’s Rockin’ Eve 2020 di Times Square, New York.

Apalagi RM BTS diketahui sangat mengidolakan Younha. Bahkan, RM BTS mengakui jika Younha merupakan salah satu musisi yang cukup berpengaruh bagi leader BTS tersebut.

Selain itu, RM BTS juga lama menantikan kolaborasi dengan Younha, sehingga saat kesempatan tersebut tiba, RM BTS tak menyia-nyiakannya meski harus mengerjakannya di tengah kesibukan jadwal bersama BTS.

Winter Flower menjadi track pertama dalam mini album kelima Younha: Unstable Mindset. Lagu ini bercerita tentang bunga yang mekar di musim dingin. Hal tersebut bisa diartikan sebagai sesuatu yang indah di waktu yang sulit, atau kebahagiaan kadang masih bisa tetap datang sesulit apapun hidup yang dijalani.

Winter Flower Berhasil Debut di iTunes US Urutan Pertama

RM BTS dan Younha Rilis WINTER FLOWER, Kolaborasi Pertama di Tahun 2020
RM BTS dan Younha Rilis WINTER FLOWER, Kolaborasi Pertama di Tahun 2020

Sejak dirilis pada 6 Januari 2020, Winter Flower mendapatkan sambutan amat antusias dari para penggemar, karena menjadi kolaborasi perdana di 2020 sekaligus impian RM BTS dengan idolanya, yaitu Younha.

Meski bukan title track, Winter Flower berhasil debut cukup gemilang pada posisi pertama di chart iTunes US. Total, Winter Flower milik Younha featuring RM BTS mendapatkan urutan pertama di chart iTunes di 43 negara, serta top 10 di 70 negara.

Hal ini menjadikan Younha, sebagai artis solo perempuan pertama, dan artis solo pria ketiga bagi RM BTS, setelah Psy dan J-Hope BTS, asal Korea yang berhasil bertengger di chart iTunes US.

Arti Lirik Winter Flower

Winter Flower dinyanyikan dalam dua bahasa, Korea dan Inggris. Bagian intro, coda dan bridge sebagian besar dinyanyikan dalam bahasa Korea, sementara chorus dinyanyikan dalam bahasa Inggris oleh Younha.

Begitu juga dengan part RM BTS, rap dilakukan secara bilingual, Korea dan Inggris. Menariknya, dalam part-nya, RM BTS juga mendaftar beberapa bunga yang biasa mekar justru di akhir winter dan menjelang spring, seperti red Chinese plum flower, camellia, dan daffodil.

RM BTS juga tak meninggalkan ciri khasnya saat menulis lirik yang berkaitan dengan isu sosial, struggle, mental health, hingga ‘tempat’ untuk menemukan rasa nyaman. Secara lebih lengkap, berikut arti lirik Winter Flower yang menyentuh dalam bahasa Inggris berikut ini:

Dengarkan Winter Flower Hasil Kolaborasi Younha dan RM BTS

Diterbitkan oleh

Iwan Tantomi

A strong walker who likes to travel and eat Indonesian foods. Also a professional editor, a blogger, a man behind the camera. And, wanna friendship with me?

17 tanggapan untuk “RM BTS dan Younha Rilis WINTER FLOWER, Kolaborasi Pertama di Tahun 2020”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.