Member BTS dengan Jumlah Lagu Terbanyak yang Didaftarkan di KOMCA, RM Urutan Pertama


BTS bukan hanya sukses berkarir sebagai artis global, tetapi juga andil langsung sebagai produser maupun penulis lagu. Nggak heran, jika lagu-lagu yang mereka buat selalu sarat makna, dan mampu tersampaikan dengan baik ke para pendengar, terutama ARMY.

Menariknya, dari ketujuh member BTS, masing-masing rupanya sudah mendaftarkan hak cipta lagu-lagu yang pernah mereka buat bersama BTS, projek solo, maupun kolaborasi dengan artis lain, ke Korea Music Copyright Association (KOMCA).

Sepanjang karir mereka sejak debut pada 2013 silam, total sudah 300 judul lagu lebih yang pernah ditulis semua member BTS. Paling baru, J-Hope BTS berhasil mendaftarkan hak cipta dari lagu teranyarnya yang sempat viral, Chicken Noodle Soup feat Becky G ke KOMCA.

Lantas, siapa member BTS yang paling punya banyak hak cipta alias copyright yang sudah didaftarkan di KOMCA? Berikut urutannya dari yang paling banyak.

1. RM BTS – 160 Lagu

2. J-Hope BTS – 104 Lagu

3. Suga BTS – 104 Lagu

4. V BTS – 11 Lagu

5. Jungkook BTS – 8 Lagu

6. Jin BTS – 7 Lagu

7. Jimin BTS – 5 Lagu

RM BTS yang dikenal sebagai leader BTS memang banyak berkolaborasi dengan artis lain untuk solo projeknya. Ia juga menjadi salah satu penulis utama, bersama J-Hope BTS dan Suga BTS, untuk lagu-lagu BTS, termasuk beberapa yang sangat terkenal, seperti Mic Drop, DNA, Spring Day, IDOL, Fake Love, hingga Boy With Love.

Sementara V BTS, Jimin BTS, Jin BTS, dan Jungkook BTS yang tak lain adalah vocal line, meski belum banyak jumlahnya, tetapi mereka tetap berusaha keras terlibat dalam penggarapan lagu-lagu BTS.

baca juga: BTS Merilis Ulang Make It Right feat Lauv, Lagu Spesial Hadiah Ed Sheeran, Sudah Mendengarkannya?

V BTS dan Jimin BTS cukup aktif merilis single di SoundCloud. Bahkan, lagu Promise milik Jimin BTS tercatat sebagai salah satu lagu yang paling banyak didengarkan sepanjang masa di SoundCloud. Sementara lagu Winter Bear milik V BTS yang lumayan baru, menjadi lagu perdananya dengan lirik keseluruhan berbahasa Inggris, juga banyak didengarkan di SoundCloud.

Jumlah lagu-lagu itu pun sepertinya bakal terus bertambah, seiring dengan lagu-lagu baru yang akan dirilis oleh BTS maupun setiap member. Kira-kira lagu ciptaan siapa dari para member BTS tersebut yang kalian paling favoritkan?

Diterbitkan oleh

Iwan Tantomi

A strong walker who likes to travel and eat Indonesian foods. Also a professional editor, a blogger, a man behind the camera. And, wanna friendship with me?