Belut Enak di Malang Cak Midi Wajib Masuk Daftar Pilihan


Lalapan Belut Cak Midi Malang Tanpa Nasi © Iwan Tantomi
Lalapan Belut Cak Midi Malang Tanpa Nasi © Iwan Tantomi

“Belut enak di Malang di mana, ya?” Pertanyaan tersebut nyaris selalu tanyakan, setiap kali ingin makan belut goreng. Warung yang jual belut goreng memang banyak, tapi cukup sulit menemukan rasa belut goreng yang benar-benar pas.

Kadang ada yang belutnya besar kayak ular, sampai geli sendiri mau makan. Sekalinya ada yang ukuran kecil, belut sawah misalnya, harusnya enak, ternyata sambalnya biasa saja. Paling sering dapat belut goreng yang tepungnya tebal, keras, bergelimang minyak pula.

Itulah kenapa dari dulu saya nggak kunjung menulis belut enak di Malang yang betul-betul pas untuk direkomendasikan. Meski rasa memang subjektif, tapi saya percaya ada rasa ‘enak’ yang kadang membuat beberapa orang sepakat untuk mengakuinya.

Lalapan Belut Cak Midi Malang Bisa Dipesan Lewat GrabFood/GoFood
Lalapan Belut Cak Midi Malang Bisa Dipesan Lewat GrabFood/GoFood © Iwan Tantomi

Ketemulah Lalapan Belut Cak Midi. Ketemunya pun awalnya dari promo di GrabFood. Bermula dari coba-coba, saya akhirnya pesan. Di luar dugaan lalapan belut goreng plus nasi seharga Rp13k itu sanggup memenuhi ekspektasi saya.

Tampilan boleh biasa saja, tapi belut goreng di Lalapan Belut Cak Midi sangat renyah, bukan hanya adonan tepungnya yang gurih, tetapi daging belutnya juga terasa. Belutnya dibelah dan dipisahkan tulang kerasnya, sehingga hanya tersisa bagian dagingnya, nihil kepala.

Entah kenapa, rasa Lalapan Belut Cak Midi ini jadi enak saja gitu, nggak capai mengunyah, dan pas menjadi lauk pendamping nasi panas. Jadi, yang makan juga nggak cepat enek karena tepung goreng bergelimang minyak berlebihan, seperti belut-belut goreng yang pernah saya coba.

Lalapan Belut Cak Midi dengan Nasi © Iwan Tantomi
Lalapan Belut Cak Midi dengan Nasi © Iwan Tantomi

Makin mantap, Lalapan Belut Cak Midi ini menghadirkan sambal bawang yang cukup nendang pedasnya. Jika suka sambal yang cenderung manis, bisa pilih sambal bajak. Apabila pesan via GrabFood/GoFood bisa tulis di catatan untuk pilihan sambal yang diinginkan.

Nah, saat itu saya pesan beberapa porsi Lalapan Belut Cak Midi, dan beberapa teman di kantor bilang memang enak. Nggak puas di situ, hari berikutnya saya mengajak beberapa kawan untuk langsung datang ke Lalapan Belut Cak Midi yang beralamat di Jalan Cengger Ayam No 6, Lowokwaru, Kota Malang, yang menempati sebuah ruko.

Rupanya, selain belut, Lalapan Cak Midi juga menjual varian lauk goreng tepung lainnya, seperti udang, jamur, lele, mujair, tahu-tempe, usus, dan ampela hati. Ada juga beragam sayuran yang bisa dipilih. Malah lebih lengkap, daripada menu yang tersedia di GrabFood/GoFood.

Saya kembali memesan belut goreng. Menariknya, jika membeli langsung di warung Lalapan Belut Cak Midi, harga per porsi Rp10k, baik pakai nasi maupun belut saja. Bedanya hanya jumlah belutnya lebih banyak apabila membeli tanpa nasi.

Teman-teman yang penasaran rasanya, usai saya beritahu pun akhirnya turut memesan belut. Ada yang pakai nasi, ada pula yang memilih memesan belut goreng saja buat ngemil. Belum sempat saya bertanya, mereka sudah saling bersahutan bilang Lalapan Belut Cak Midi enak. Mereka juga sepakat sambalnya nikmat. Enaknya jika makan langsung di warung Lalapan Belut Cak Midi, sambalnya tersedia di meja, jadi bisa ambil sesuai selera.

Paling baru, salah satu teman saya yang juga hobi banget kulineran, bahkan sampai berulang kali dapat endorsement beragam produk makanan, juga bilang Lalapan Belut Cak Midi juga enak. Sepertinya, saya nggak berlebihan jika menyebut Lalapan Belut Cak Midi ini memang enak, sedari awal bukan?

Disclaimer: preferensi rasa enak secara detail setiap orang saya yakin berbeda, dan hal tersebut sukar digambarkan secara absolut, jadi saya hanya pilih kata ‘enak’ untuk mewakali pengakuan beberapa orang akan rasa asli dari makanan tersebut, biar lebih netral.

Diterbitkan oleh

Iwan Tantomi

A strong walker who likes to travel and eat Indonesian foods. Also a professional editor, a blogger, a man behind the camera. And, wanna friendship with me?

6 tanggapan untuk “Belut Enak di Malang Cak Midi Wajib Masuk Daftar Pilihan”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.