10 Fakta BTS Versi Bloomberg, Ketahui dalam 2 Menit


BTS, dari kiri ke kanan searah jarum jam: V, Suga, J-Hope, Jimin, RM, Jin dan Jungkook © Big Hit Entertainment
BTS, dari kiri ke kanan searah jarum jam: V, Suga, J-Hope, Jimin, RM, Jin dan Jungkook © Big Hit Entertainment

BTS tengah menjadi fenomena di industri musik global. Bukan saja populer di negara asalnya, Korea Selatan, boy group yang terdiri dari tujuh cowok, yaitu RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook, ini mampu membuktikan diri dengan musikalitas yang dimiliki secara internasional.

BTS bahkan mampu berada di urutan pertama dengan album-album terbaik mereka, di negara dengan industri musik terbesar di dunia. Dari Amerika Serikat yang merupakan negara dengan industri musik terbesar di dunia, BTS bahkan mampu menempatkan ketiga albumnya, Love Yourself: Tear, Love Yourself: Answer dan Map of The Soul: Persona di urutan pertama tangga album bergengsi Billboard 200 secara bergantian.

Di Inggris, yang merupakan negara dengan industri musik terbesar nomor dua di dunia, BTS lagi-lagi mampu menempatkan album terbarunya, Map of The Soul: Persona di urutan pertama tangga album bergengsi se-Britania Raya, Top 40 UK Official Album Charts pada urutan pertama.

baca: BTS Menjadi Artis Asia Pertama yang Memenangkan MTV UK Hottest Summer SuperStar

Begitu pula dengan Jepang, yang merupakan negara dengan pasar musik terbesar nomor 3 di dunia, juga mampu diterobos BTS dengan album-album versi Jepang mereka, termasuk single paling anyar, Light yang berbahasa Jepang, mampu merajai tangga lagu bergengsi di Jepang, Oricon.

Tak salah, banyak media yang akhirnya tertarik untuk mencari tahu dan mempublikasikan BTS. Terlebih di media sosial, terutama Twitter, ARMY, nama fans BTS, begitu masif. Itulah kenapa Bloomberg, salah satu media terkemuka yang kerap mengulas bisnis dengan data akurat, turut membeberkan fakta menarik BTS, yang diketahui kesuksesannya turut mendongkrak perekonomian Korea Selatan.

Berikut 10 fakta BTS versi Bloomberg yang dirangkum lewat video tak lebih dari 2 menit.

1. Jumlah dan Nama-Nama Anggota BTS

Member BTS, dari kiri ke kanan: J-Hope, V, Suga, Jin, RM, Jimin dan Jungkook © Big Hit Entertainment
Member BTS, dari kiri ke kanan: J-Hope, V, Suga, Jin, RM, Jimin dan Jungkook © Big Hit Entertainment

BTS Member atau anggota BTS dijelaskan oleh Bloomberg terdiri dari 7 orang cowok. Mereka adalah Kim Namjoon yang lebih dikenal dengan nama RM BTS. Selain sebagai main rapper, RM merupakan leader atau speak person dari BTS. Kedua ada Kim Seokjin, yang lebih dikenal dengan nama panggung Jin BTS, ia merupakan vokalis. Ketiga, ada Min Yoongi atau yang dikenal dengan nama panggung SUGA BTS. SUGA merupakan lead rapper.

Keempat, ada Jung Hoseok atau lebih ngetren dipanggil J-Hope BTS. Selain sebagai main rapper, J-Hope merupakan lead dancer. Kelima ada Park Jimin, atau lebih dikenal sebagai Jimin BTS. Ia merupakan vokalis sekaligus main dancer. Keenam, ada Kim Taehyung atau lebih akrab disapa V BTS, yang merupakan vokalis dan dancer. Ketujuh, adalah anggota termuda, Jeon Jungkook atau yang akrab dipanggil Jungkook BTS. Ia merupakan main vocal, main dancer dan juga rapper.

2. Tahun BTS Debut Pertama Kali

BTS debut sejak 12 Juni 2013 © Big Hit Entertainment

BTS debut pertama kali pada 12 Juni 2013. Mereka mulanya direncanakan debut sebagai Hip-hop Group, tetapi kemudian didebutkan sebagai idol boy group. Semua anggota BTS murni dibentuk lewat fase trainee, bukan survival show oleh agensi bernama Big Hit Entertainment, yang kini menjelma sebagai raksasa industri hiburan Korea Selatan, berkat kesuksesan BTS di kancah global.

3. Lagu Pertama BTS

BTS debut dengan lagu No More Dream © Big Hit Entertainment
BTS debut dengan lagu No More Dream © Big Hit Entertainment

Mengusung konsep hip-hop BTS debut pertama kali dengan sebuah lagu bergenre hip-hop berjudul No More Dream dari album 2 Cool 4 Skool. Lagu tersebut mengisahkan bagaimana beratnya masa-masa trainee yang harus mereka alami, sebelumnya akhirnya benar-benar debut. Di Korea Selatan, menjadi idol adalah sebuah impian, tetapi untuk bisa menjadi idol mereka harus menjalani masa trainee bertahun-tahun, yang kadang tak pasti bakal didebutkan oleh agensi maupun tidak.

4. Arti Nama BTS

BTS berarti Bangtan Sonyeondan, Bulletproof Boy Scouts, atau Beyond The Scene © Big Hit Entertainment
BTS berarti Bangtan Sonyeondan, Bulletproof Boy Scouts, atau Beyond The Scene © Big Hit Entertainment

Di Korea Selatan, BTS lebih dikenal dengan Bangtan Sonyeondan (방탄소년단) atau kalau dibahasainggriskan menjadi Bulletproof Boy Scouts. Dengan nama tersebut mereka berharap kebal menghadapi segala terpaan yang siap menghunjam karir mereka yang dianalogikan sebagai ‘peluru’. Pada 2017, mereka meresmikan nama BTS dengan akronim Beyond The Scene untuk memudahkan penyebutan bagi fans internasional.

5. Seberapa Populer BTS?

BTS tak hanya populer di Korea Selatan atau Asia, melainkan di seluruh dunia © Big Hit Entertainment
BTS tak hanya populer di Korea Selatan atau Asia, melainkan di seluruh dunia © Big Hit Entertainment

Bloomberg mendefinisikan BTS sekarang bukan lagi dengan sebutan ‘big’, melainkan ‘huge’ untuk menjelaskan betapa populernya mereka di seantero bumi. Hal ini mengacu dengan kesuksesan BTS, terutama saat menggelar konser. Dari tahun ke tahun kapasitas venue BTS menggelar konser terus bertambah besar.

Dari yang awalnya berskala teater, berlanjut arena, dome, hingga skala konser yang hanya mampu dilakukan oleh artis-artis besar, yaitu stadion. Terbukti, stadion-stadion raksasa dunia, seperti MetLife Stadium, Rose Bowl dan Soldier Field yang berkapasitas lebih dari 50 ribu di Amerika Serikat; lalu Wembley di London, Inggris; dan Stade de France di Perancis; serta stadion-stadion lainnya di banyak negara.

6. Video Musik Puluhan Juta Views Tercepat di YouTube dalam 24 Jam

BTS membawakan IDOL secara live © Big Hit Entertainment
BTS membawakan IDOL secara live © Big Hit Entertainment

Bloomberg juga memasukkan IDOL sebagai music video (MV) dengan jumlah views puluhan juta tercepat dalam 24 jam pada 2018. Title track dari album yang sukses memuncaki Billboard 200, Love Yourself: Answer, tersebut dilansir YouTube mampu memperoleh 45 juta lebih views dalam 24 jam. Rekor itu pun lantas dilampaui oleh lagu terbaru BTS, Boy With Luv dari album yang lagi-lagi sukses memuncaki Billboard 200, Map of The Soul: Persona, sebanyak 78 juta views dalam 24 jam pertama sejak rilis. Rekor ini menjadikan BTS sejauh ini sebagai musisi pertama yang meraihnya sepanjang sejarah YouTube.

7. Musisi Korea Pertama yang Memuncaki Billboard Album Chart

BTS meraih penghargaan sebagai Artist of the Year di ajang Melon Music Awards 2018 © Big Hit Entertainment
BTS meraih penghargaan sebagai Artist of the Year di ajang Melon Music Awards 2018 © Big Hit Entertainment

Billboard dikenal sebagai salah music chart paling bergengsi di dunia. Bukan sembarang musisi yang bisa masuk dalam chart tersebut, terlebih selain bahasa Inggris. Namun, BTS membuktikannya. Dengan album yang sebagian besar berbahasa Korea, BTS menjadi musisi Korea, atau bahkan Asia, pertama yang mampu merajai tanggal album bergengsi, Billboard 200 sebanyak 3 kali secara berturut-turut. Ketiga album tersebut antara lain, Love Yourself: Tear (2018), Love Yourself: Answer (2018) dan Map of The Soul: Persona (2019).

8. Pembicara di Sidang Umum PBB

BTS menjadi pembicara dalam sidang umum PBB ke-73 © Big Hit Entertainment
BTS menjadi pembicara dalam sidang umum PBB ke-73 © Big Hit Entertainment

Pengaruh BTS ternyata bukan saja populer di industri musik, tetapi merambah ke berbagai bidang. Lewat musik-musiknya BTS memang kerap menyuarakan pesan sosial, seperti stop bullying, mengajak bangkit dari depresi, serta kesadaran diri untuk mulai menghargai dan mencintai diri. Gara-gara hal ini pula, BTS didapuk menjadi brand ambassador UNICEF, organisasi PBB yang menangani kesejahteraan anak-anak. Mereka bahkan menjadi musisi Korea pertama yang menjadi pembicara di sidang umum PBB ke-73. BTS, lewat sang leader, RM, mengajak anak muda di seluruh dunia untuk berani bersuara.

9. Apa yang Sudah BTS Lakukan untuk Dunia?

BTS menyebarkan pesan sosial lewat lagu-lagunya untuk para fans di seluruh dunia © Big Hit Entertainment
BTS menyebarkan pesan sosial lewat lagu-lagunya untuk para fans di seluruh dunia © Big Hit Entertainment

Kematian anak muda akibat depresi dari tekanan sosial di Korea Selatan sangat tinggi. Berkaca dari hal tersebut, BTS ingin menyuarakan aspirasinya untuk mengajak anak-anak muda di Korea Selatan, agar lebih mencintai diri dan bangkit dari depresi. BTS mengajak anak muda untuk lebih menghargai diri dan meraih kesuksesan serta prestasi berdasarkan apa yang disukai, daripada sekadar mendengarkan tuntutan sosial.

BTS juga tak jarang menuliskan kritik sosial tentang kejamnya tuntutan sosial yang serta merta menghakimi setiap individu tanpa alasan yang jelas. Semua dituliskan lewat musik-musik BTS. Uniknya, meski sebagian besar liriknya ditulis dalam bahasa Korea, tetapi pesan tersebut ternyata mampu dipahami lewat terjemahan, oleh publik internasional.

Di luar dugaan, pesan sosial tersebut turut membuat banyak hidup, bukan hanya remaja tetapi orang-orang dari beragam usia, gender, agama, maupun ras, yang merasa hidup mereka lebih baik setelah memahami dan mengkaji lirik dari lagu-lagu BTS.

10. ARMY: Fans Setia BTS

RMY memenuhi stadion setiap kali BTS konser © Big Hit Entertainment
ARMY memenuhi stadion setiap kali BTS konser © Big Hit Entertainment

Berulang kali BTS berterima kasih kepada fans setia mereka, ARMY, yang merupakan akronim dari Adorable Representatif MC for Youth. Ada puluhan juta, atau bahkan ratusan juta ARMY yang tersebar di berbagai belahan dunia, yang dengan setia selalu mendukung kesuksesan BTS. Apalagi selama ini, BTS dikenal sebagai musisi yang boleh dibilang bersih dari skandal. Sebaliknya, dengan aktifnya BTS menyuarakan dan melakukan banyak hal positif, jumlah ARMY terus bertambah.

Kerennya, ARMY bukan saja diisi oleh sekelompok remaja atau orang-orang biasa. Banyak orang penting yang mengaku sebagai ARMY, termasuk Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in. Bahkan, Pemerintah Korea Selatan memberikan gelar khusus kepada semua anggota BTS, berupa Hwagwan Order of Cultural Merit, karena mereka dinilai berkontribusi mengenalkan budaya dan bahasa Korea lewat musik di seluruh dunia.

Itulah 10 fakta BTS versi Bloomberg yang dikupas dalam sebuah video singkat di Twitter dalam waktu tak lebih dari 2 menit. Cek langsung videonya di bawah ini:

Iklan

Diterbitkan oleh

Iwan Tantomi

A strong walker who likes to travel and eat Indonesian foods. Also a professional editor, a blogger, a man behind the camera. And, wanna friendship with me?

6 tanggapan untuk “10 Fakta BTS Versi Bloomberg, Ketahui dalam 2 Menit”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.