Adorable Representative MC for Youth (ARMY) dan Kesetiaannya Kepada BTS


BTS yang disaksikan ARMY saat konser © Big Hit Entertainment
BTS yang disaksikan ARMY saat konser © Big Hit Entertainment

ARMY, nama tersebut sangat masif di industri musik, terutama sejak 4 tahun terakhir ini. Bagi yang belum tahu, mungkin bakal mengira ARMY ini bahasa Inggris dari tentara.

Tak ada yang salah, tetapi di media sosial, khususnya di industri musik, ARMY merepresentasikan hal lain. ARMY merupakan nama resmi dari fans BTS, boy group asal Korea Selatan.

Secara terminologi, ARMY merupakan akronim dari Adorable Representative MC for Youth. Lewat musik-musik, BTS bersama ARMY berharap bisa menebarkan semangat positif, khususnya bagi remaja yang sedang mengalami krisis percaya diri hingga sosial.

ARMY punya andil besar dalam kesuksesan BTS. Keloyalan mereka tak perlu diragukan lagi. Bahkan, seperti makna harfiahnya, ARMY pun berulang kali ‘menyelamatkan’ BTS dari cercaan, celaan, hingga fitnah dari beragam kalangan.

baca: 3 Film Dokumenter BTS yang Wajib Banget Ditonton BTS

Hal inilah yang membuat ARMY bukan saja identik dengan nama Bangtan Sonyeondan ketika diterjemahkan dalam bahasa Inggris, yaitu Bulletproof Boy Scouts, tetapi juga terhubung secara kuat melebihi hubungan antara idola dan fans.

ARMY bahkan seakan rela mengeluarkan uang berapapun besarnya demi melihat sang idola semakin sukses. Sebaliknya, demi berterima kasih kepada para fansnya, BTS pun terus membuat musik-musik berkualitas, menghadirkan konten-konten menarik, hingga membuat pertunjukan dengan konsep terbaik di industri musik, hanya untuk ARMY.

Semua simbiosis mutualisme tersebut berjalan makin erat, bahkan hingga menerobos batas budaya, bahasa, agama, gender, hingga usia.

Lautan ARMY BOMB, nama light-stick yang dibawa fans BTS, yang menyala bersamaan dengan bulan purnama saat konser BTS di Seoul Olympic Stadium, Korea Selatan © Big Hit Entertainment
Lautan ARMY BOMB, nama light-stick yang dibawa fans BTS, yang menyala bersamaan dengan bulan purnama saat konser BTS di Seoul Olympic Stadium, Korea Selatan © Big Hit Entertainment

Kini, ARMY tidak saja ada di Korea, tetapi sudah tersebar di seluruh penjuru dunia. Satu hal yang membuat seseorang akhirnya memutuskan menjadi ARMY. Selain lagu-lagu yang sarat makna bangkit dari keterpurukan, bangkit dari tekanan sosial, lirik-lirik yang memotivasi dari depresi, hingga nilai moral yang kental dan kesadaran untuk mulai mencintai diri sendiri.

Meski tak dipungkiri, jumlah ARMY yang kian tumbuh pesat, kadang juga kerap dinilai ‘berisik’ oleh sebagian netizen. Problemnya, sebagian ARMY terlalu bersemangat mendukung BTS, sebagian lagi berusaha membela, hingga tak jarang berakhir perang antar fans.

baca: Dipenuhi Lautan ARMY, Begini Review Film Dokumenter Berteknologi Canggih Terbaru BTS

Tentu saja hal tersebut tak bisa dipukul rata jika semua ARMY BTS sangatlah ‘toksik’. Namun, seolah tak terlalu peduli dengan peribahasa Karena Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga, ARMY tetap fokus mendukung BTS apapun yang terjadi.

Rasanya, ARMY akan selalu setia dan berada di garda terdepan demi membela idola mereka, BTS, agar senantiasa tenang berkarya. Sebuah contoh nyata dari loyalitas tanpa batas dalam budaya populer abad ini.

Intip bagaimana ratusan ribu ARMY memenuhi setiap konser BTS lewat video-video berikut ini:

Iklan

Diterbitkan oleh

Iwan Tantomi

A strong walker who likes to travel and eat Indonesian foods. Also a professional editor, a blogger, a man behind the camera. And, wanna friendship with me?

24 tanggapan untuk “Adorable Representative MC for Youth (ARMY) dan Kesetiaannya Kepada BTS”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.