‘Spring Day’ BTS Jadi Lagu Terlama di Melon Weekly Chart


BTS bukan saja langganan menerima beragam penghargaan sebagai artis, tetapi lagu-lagu mereka pun dinikmati publik, sampai tak jarang mengukir prestasi sendiri.

Inilah yang sedang terjadi pada Spring Day. Single yang dirilis pada 13 Februari 2017 ini mampu bertahan pada Melon Weekly Chart selama 130 minggu. Melon sendiri merupakan salah satu platform musik streaming yang sangat populer di Korea Selatan.

Hebatnya, Spring Day tak pernah sekalipun keluar dari Top 100 tangga lagu Melon sekalipun. Rekor Spring Day itu pun berhasil mematahkan lagu milik Sam Smith, I’m Not The Only One di tangga lagu Melon.

Spring Day menjadi title track dalam repackage album BTS bertajuk You Never Walk Alone. Pada 2017 pula, Spring Day dinobatkan sebagai Song of The Year dalam ajang Melon Music Awards 2017.

Melalui music video (MV), Spring Day menjadi salah satu BTS yang menyuguhkan konsep cerita menarik dengan teori yang cukup mendalam. Dalam MV Spring Day terdapat neon sign bertuliskan “No Vacancy”.

Tulisan tersebut merujuk pada film The Helper (2012) yang dijadikan referensi. Dalam film tersebut dikisahkan ada 7 orang sahabat yang menginap di sebuah hotel dan dibunuh satu per satu. Tujuh sahabat ini merefleksikan anggota BTS yang terdiri dari 7 orang, yaitu RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.

Baca: V BTS Rilis Lagu Baru, Cocok Didengarkan Buat yang Lagi Badmood

Bukan itu saja, dalam MV Spring Day juga bisa dijumpai tulisan “Omelas” yang ternyata berkaitan dengan cerita pendek “The Ones Who Walk Away from Omelas” karya Ursula K Le Guin yang dirilis pada 1973.

Garis ceritanya juga berkesinambungan dengan album sebelumnya, The Most Beautiful Moment in Life yang ditandai pantai sebagai set cerita. Pada album sebelumnya diceritakan jika hanya karakter Jin BTS satu-satunya yang masih bertahan hidup.

Cerita diperkuat dengan Jimin BTS dalam MV Spring Day yang membawa sepatu, lantas digantungkan di pohon. Di Korea Selatan, menggantung sepatu di pohon biasanya dilakukan untuk mengenang kematian seseorang, terlebih jika orang tersebut meninggal dalam kecelakaan yang jasadnya tak kunjung ditemukan atau tak jelas rimbanya.

Sementara, hanya Jin BTS yang mengenakan sepatu, yang mana bisa diartikan dialah satu-satunya karakter yang masih hidup dalam MV Spring Day. Rangkaian garis cerita ‘raksasa’ BTS ini lantas saling berkaitan dalam lingkup lebih luas, yang selanjutnya disebut sebagai Bangtan/BTS Universe.

Dengarkan lagu Spring Day milik BTS lewat Spotify di bawah ini:

Iklan

Diterbitkan oleh

Iwan Tantomi

A strong walker who likes to travel and eat Indonesian foods. Also a professional editor, a blogger, a man behind the camera. And, wanna friendship with me?

One thought on “‘Spring Day’ BTS Jadi Lagu Terlama di Melon Weekly Chart”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.