8 Kuliner Mancanegara Yang Bisa Diburu di Malang

16583380_693411367531589_4982130748753444864_n

Saboten Malang [sumber: instagram @saboten_shokudo]

Hadirnya era digital dewasa ini memang membuat segalanya jadi lebih mudah terhubung. Informasi yang mudah dicari, bahkan tak sedikit yang menjadi sumber inspirasi. Sebut saja referensi kuliner mancanegara. Dulu mungkin hanya orang Korea yang bisa memasak makanan Korea. Atau, orang Indonesia domain menunya tak lain dan tak bukan kuliner Nusantara.

Namun, berkat informasi yang melimpah, kini orang Indonesia pun bisa dengan mudah mempelajari resep dan mengaplikasikan beragam kuliner mancanegara, termasuk Korea. Meski tidak 100% serupa barangkali, setidaknya beragam menu baru ini bisa menambah referensi citarasa kuliner global tanpa perlu berkeliling dunia lebih dulu.

Nah, hal inilah yang ingin saya coba kenalkan ke kamu-kamu sekalian. Setelah saya jelajahi beberapa kali, ternyata ada beberapa kuliner mancanegara yang bisa kamu coba saat main-main ke Malang. Berikut rekomendasinya.

Kuliner Korea Selatan

Sama halnya dengan kota-kota lain di Indonesia yang keranjingan budaya Korea Selatan, di Malang juga mulai mengalami demam serupa. Tingginya peminat pesona Negeri Ginseng, membuat segala hal yang berbau Korea Selatan akhirnya menjadi diminati. Tak terkecuali kulinernya.

Kalau kamu ingin mencicipi street food Korea Selatan, kamu bisa datang ke Dakgalbi Korean Barbeque. Berlokasi di Jalan Simpang Wilis Ruko Retawu No B-7, Klojen, Malang, restoran ini buka setiap hari mulai jam 10 pagi sampai 9.30 malam. Menu-menu Korea Selatan di sini cukup lengkap.

Mulai jajanan ringan seperti tteokbokki, odeng, hingga makanan berat seperti hot ramyeon, bulgogi beef, dakganjaeong, bibimbap, dakgalbi, samgyetang, sundubu jjigae, hingga kimchi jjigae. Selain rasanya yang enak, restoran ini memang cukup rekomendasi untuk disinggahi.

Kuliner Jepang

Jauh sebelum kuliner Korea Selatan merebak, sebenarnya kuliner ala Jepang sudah lebih dulu berkembang di Malang. Pilihan tempat makannya pun juga lebih beragam yang bisa direkomendasikan. Pertama ada Saboten Shokudo. Restoran utamanya beralamat di Jalan Raya Dieng No. 18, Klojen, Malang. Menu favorit di restoran ini adalah ramen dan sushinya. Saboten Shokudo buka mulai jam 10 pagi sampai 10 malam setiap hari tanpa terkecuali.

Kemudian, yang tak kalah enak adalah Sugoi Tei yang beralamat di Jalan Panderman No 11, Klojen, Malang dengan jam buka mulai pukul 11 pagi sampai 9.30 malam setiap hari. Ada pula Hachi-Hachi Bistro di MX Mall dengan jam buka mulai 11 pagi sampai 9 malam.

Sementara untuk camilan khas Jepang, kamu bisa icip Dorayaki di kedai Punel Dorayaki yang beralamat di Kompleks Ruko Borobudur Megah, Jl Soekarno Hatta No. 22, Malang.Β  Jam bukanya mulai 11 siang sampai 12 malam. Atau, Takoyaki dan Okonomiyaki di Onii Tako yang ada di Jalan Danau Bratan E1, Kedungkandang Malang. Maupun Taiyaki di Pastry Taiyaki yang berlokasi di Foodcourt Lt. 3 MATOS.

Kuliner Thailand

Ingin menikmati aneka jenis Tomyum khas Thailand yang lezat? Tenang, kamu bisa mencobanya di Bangi Kopi. Alamatnya berada di Jalan Retawu No. 22, Oro-oro Dowo Malang. Adapun jam bukanya setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 11.30 malam.

Kuliner Malaysia

Masakan Malaysia dan Singapura sebenarnya punya kemiripan, termasuk yang paling terkenal di kedua negara tersebut adalah Nasi Lemak. Di Malang, kamu bisa menikmati nasi lemak lezat di Bangi Kopi. Ya, selain menyajikan kuliner Thailand, restoran ini sejatinya menjajakan makanan khas Negeri Jiran sebagai menu utamanya. Ada banyak macam nasi lemak yang bisa kamu pilih. Di samping nasi lemak, Bangi Kopi juga menyajikan Ipoh Curry Noodle yang cukup populer di Malaysia.

Kuliner Singapura

A post shared by BERBURU MAKAN (@berburumakan) on

Mau coba kuliner Singapura juga? Datang saja ke Lafferie Resto. Di restoran ini kamu bisa menikmati lezatnya nasi peranakan rendang yang begitu tersohor di Singapura. Lafferie Resto sendiri beralamat di Jalan Lembah Dieng No 6, Sukun, Malang. Adapun jam bukanya setiap hari mulai jam 1 siang sampai 10 malam.

Selain nasi peranakan, kuliner khas Singapura yang bisa dinikmati di Malang adalah Ban Mian dan nasi goreng Singapura tentunya. Kamu bisa mendapatkannya di Merlion Singapore Mee Hotplate yang berlokasi di Foodcourt lantai 3 Mal Olympic Garden (MOG) Malang.

Kuliner Tiongkok

Makanan Tiongkok memang identik dengan masakan non-halal. Meski begitu, bukan berarti kamu yang memang non-muslim bakal kesulitan menemukannya di Malang. Ada beberapa kuliner Tiongkok yang cukup rekomendasi lantaran selalu antre pembeli. Kalau ingin menu khas Tiongkok yang super komplet, kamu bisa datang ke Depot Gang Djangkrik yang berada di Jalan Letjen Sutoyo No. 136, Blimbing, Malang. Dari ayam sampai babi ada di sini. Depot ini buka saban hari dari jam 11 siang sampai 9 malam.

Kalau mau coba mie tarik khas Tiongkok dan halal, kamu bisa mampir di Noodle Inc. yang ada di Jalan Soekarno Hatta Blok DP No. 1-2, Malang. Restoran ini buka setiap hari mulai jam 11 siang sampai 12 malam. Atau, bisa juga ke Depot Glory Cwie Mie di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Ada aneka jenis olahan mi khas Tiongkok di sini. Adapun jam bukanya mulai jam 11 pagi sampai 6 sore.

Kuliner Shanghai

Secara umum kuliner Shanghai punya kesamaan dengan kuliner Tiongkok. Namun, ada satu jajanan khas Shanghai yang bisa kamu temukan di Malang. Namanya Shanghai Bun. Ada beragam rasa yang bisa kamu coba. Dari rasa pandan, hingga rasa kacang. Kuliner Shanghai ini bisa kamu nikmati di Bangi Kopi Malang.

Kuliner Timur Tengah

A post shared by Lee Om (@aliceng61) on

Sebagai kota yang mengedepankan pluralisme, Malang memiliki beberapa kawasan khusus di mana etnis tertentu menetap. Layaknya Singapura yang punya Chinatown dan Little India, di Malang juga ada Kampung Arab. Di sana pula kamu bisa menemukan beragam sajian kuliner khas Timur Tengah, seperti Nasi Samin, Martabak Cairo, dan olahan daging yang notabene berlemak semua.

Kamu bisa mengunjungi Rumah Makan Cairo. Selain menunya cukup nikmat, jangan kaget kalau pas ke sana kamu bakal bercengkerama langsung dengan masyarakat keturunan Arab. Rumah Makan Cairo berlokasi di Jalan Kapten Piere Tendean, Klojen, Malang dengan jam buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai 10 malam. Bisa pula ke Do’an Restaurant yang beralamat di Jalan Kapten Piere Tendean No. 8C, Klojen, Malang dengan menu spesial Nasi Mandhi dan Nasi Zurbiyan Kambing. Restoran ini buka mulai jam 9 pagi sampai 10 malam saban hari.

Selain yang saya sebutkan di delapan kategori tersebut, tentu masih ada resto atau tempat makan mancanegara lain di Malang. Namun, apa yang saya tuliskan semata-mata saya rekomendasikan karena sudah pernah saya coba sendiri. Lagi-lagi, saya tak lupa mengingatkan bila selera saya mungkin berbeda dengan selera kamu, karena seperti kita ketahui selera itu relatif.

Nah, itulah kuliner mancanegara di Malang yang bisa saya kenalkan. Kalau di daerahmu ada kuliner mancanegara apa saja?

42 thoughts on “8 Kuliner Mancanegara Yang Bisa Diburu di Malang

  1. kribolover says:

    jujur saya dapat blog ini karena penasaran dengan banyaknya blogger yang sukses menjual produk rengginang singkong sikribo, setelah saya googling malah nemu blog ini tapi infonya sangat bermanfaat untuk saya.
    teruslah menulis dan terimakasih sudah berbagi…

    silahkan kunjungi juga blog saya di http://www.sikribo.id cemilan bukan-bukan, bukan keripik bukan kerupuk tapi gurih dan renyahnya bukan main-main. info order, reseller, dropship dan agen silahkan hubungi saya di 082250295001 (tras – owner)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s