Diam-Diam Jadi Pemenang


Diam-Diam Jadi Pemenang
Diam-Diam Jadi Pemenang [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]

“Ti.. Tu… Tit…”, bunyi ringtone khas WhatsApp (WA) berdering di smartphone. Rupanya saya dapat undangan grup WA bertajuk ‘Acara OPPO untuk Blogger’. Awalnya saya sempat nggak paham, tumben-tumbenan dapat undangan gathering via WA. Infonya juga mendadak banget, Sabtu acaranya, hari Jumat baru dapat undangannya. Untungnya, saya sedang nggak ada acara pas hari Sabtu itu. Lagian acaranya siang, jadinya nggak sampai mengganggu acara pribadi saya, Hee.

Undangan gathering ini saya dapat dari blogger senior, Neng Biker (nengbiker.com). Saya sih cuman manut-manut saja, soalnya juga nggak paham model acaranya seperti apa. Yang jelas, saya disuruh konfirmasi kehadiran via email dan email saya dikonfirmasi oleh panitia, sebagai tanda jika saya dibolehkan hadir dalam acara ini. Oya, acaranya digelar di hotel, yang kebetulan lokasinya memencil dari pusat perkotaan. Kabar buruknya, saya nggak paham hotel itu dimana dan rupanya seperti apa, karena baru pertama kali mendengarnya.

Diam-Diam Jadi Pemenang
Beberapa sudut Ubud Hotel and Villas Malang yang berhasil saya jepret [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]

Ubud Hotel and Villas Malang, begitulah lokasi event ini digelar sebagaimana yang saya dapatkan informasinya dari panitia. Seperti biasanya, setiap kali diminta hadir di tempat yang nggak saya tahu, saya selalu ubek-ubek Google Maps terlebih dulu. Sebab, sudah berulang kali saya memanfaatkannya dan hasilnya selalu sukses menemukan lokasinya. Hal yang sama, juga saya coba lakukan untuk cari hotel yang ternyata masih satu afiliasi dengan Ubud Hotel, Bali ini.

Diam-Diam Jadi Pemenang
Arsitektur khas Bali [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]

Setelah berjibaku dengan kemacetan, jalan sana jalan sini, menerobos gang, hingga muter-muter sampai kesasar, akhirnya bertemulah dengan Ubud Hotel and Villas Malang. Kalau menurut saya, penginapan ini lebih mirip disebut resort, karena lokasinya yang mengambil konsep back to nature dan dibangun tepat di bantaran sungai Brantas. Jadilah suasana yang asri dan nyaman layaknya di Ubud benar-benar terasakan di sini.

Arsitektur bangunannya kental banget dengan nuansa Bali. Sekilas memang kayak sedang berada di Ubud, terlebih musik yang diputar sebagai latar di hotel ini merupakan instrumen tradisional Pulau Dewata. Pas banget pokoknya, saat OPPO memilihnya sebagai lokasi acara yang memang nggak untuk sembarang tamu undangan. Suasana yang berbeda, bakal bisa membentuk pengalaman yang sulit terlupa.

FYI Experiences Tour

Karena terbawa suasana, sejenak saya lupa tujuan awal saya datang ke sini. Setelah ada mas-mas yang (akhirnya) menghampiri saya dan bilang, “Blogger Malang, ya, Mas?”, barulah saya sadar datang ke sana untuk menghadiri acara yang masih belum saya tahu jelasnya, selain karena diundang oleh OPPO. Pertama kali datang, diminta konfirmasi kehadiran dan langsung disuruh makan. Duh, tahu banget kalau saya belum makan siang.

Nggak pakai lama, langsung saya ambil piring, isi nasi, lauk, sambal dan kerupuk. Iya benar, sajiannya prasmanan. Kenyang makan sambil merasakan suasana ala Ubud, akhirnya acara gathering pun dimulai. Berkumpullah rekan-rekan blogger, media dan beberapa pihak yang memang diundang khusus untuk menghadiri acara yang boleh dibilang nggak untuk sembarang orang ini. Jadi berasa orang penting, deh!

Ruang Gathering
Tara… Inilah ruang gathering FYI Experiences Tour OPPO di Hotel Ubud Malang, VIP banget kan? [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]

Ehem… ehem… tes, satu dua, selamat siang semuanya. Selamat datang di acara FYI Experiences Tour OPPO di kota Malang”, ucap seseorang yang memperkenalkan diri sebagai Media Engagement OPPO Indonesia, Aryo Meidianto. Ehem, akhirnya saya tahu juga nama acara – yang sebetulnya sudah tertulis dengan gamblang di email konfirmasi ini. Semula, saya kira FYI ini semacam abrevasi dari For Your Information (FYI), makanya nggak begitu saya perhatikan. Eh, nggak tahunya FYI itu singkatan dari Fashion, Young and Innovative yang nggak lain tema experiences tour OPPO ini.

Dijelaskan panjang lebar, inti dari acara ini adalah mengenalkan dua produk unggulan sekaligus terbaru dari OPPO. Bahkan, salah satunya masih belum dilepas di pasaran Indonesia, khususnya di Malang waktu itu. Beruntunglah saya dan undangan lain yang hadir, nggak hanya berkesempatan melihat dan mendengarkan demonya. Lebih dari itu, kami diberi kesempatan menjajalnya langsung dan mengubek-ubek semua isi dan fitur keduanya.

Produk VIP Line Up

Mas Aryo
Ehem, Mas Aryo sedang mengenalkan duo produk VIP Line Up OPPO, yaitu R7 (tangan kanan) dan Mirror 5 (tangan kiri) [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]

Anda pasti penasaran kan, apa jenis produk terbaru OPPO yang berhasil saya utak-atik sampai puas ini? Benar, kedua smartphone jempolan ini nggak lain dan nggak bukan adalah OPPO R7 dan Mirror 5. Kedua produk ponsel pintar ini juga disebut berulang-ulang selama acara sebagai Produk VIP Line Up dari OPPO. Tentunya bukan tanpa alasan, kenapa keduanya sampai disemati sebutan VIP Line Up. Berikut kupas-tuntas kedua jagoan OPPO ini!

OPPO R7

Nggak ada kata yang pas diucapkan untuk R7 selain perfecto. Pertama kali melihat R7, dalam hati saya langsung berkata, “Gila, ini smartphone tipis banget ya!”. Hal lain yang membuat R7 pantas dijadikan prdouk VIP Line Up OPPO adalah bentuk unibody yang premium. Bentuknya yang kokoh namun stylish, seolah menggambarkan bila R7 ini dibuat dengan presisi yang tinggi. Kalau saya katakan, R7 ini sebuah mahakarya seni yang sangat sempurna. Begitu kokoh, tetapi tidak meninggalkan kesan elegan di setiap sisi-sisinya.

Kalau Anda membaca informasi yang menerangkan bila layar 5 inci R7 dipersenjatai teknologi layar HD 1080p Super AMOLED, maka akan saya benarkan. Karena saya sudah benar-benar membuktikannya sendiri. Rasanya setiap gambar yang ditampilkan begitu tajam, jernih dengan komposisi warna yang tampak begitu nyata. Hal lain yang juga menarik perhatian saya adalah User Interface (UI) OPPO yang begitu khas. R7 sudah menggunakan teknologi ColorOS 2.1, selain Operating System (OS) Android version 4.4.2 (KitKat), yang membuat tampilan UI-nya begitu smooth dan user friendly. Kehadiran ColorOS versi baru ini juga memudahkan pengaturan ikon di homescreen hanya dengan sekali kocok (shake). Unik bukan?

OPPO R7
Sosok R7 yang begitu elegan, tipis dan pastinya premium dengan dukungan beragam fitur dan kualitas layar Super AMOLED [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]

Diberi kesempatan memegang gadget canggih nggak saya sia-siakan untuk menjajal semua fitur utamanya, termasuk kamera. R7 memiliki kamera utama 13MP dan kamera sekunder (depan) 8MP. Nggak sebatas kamera smartphone biasa, OPPO begitu serius menjadikan R7 sebagai perangkat fotografi dalam wujud yang lebih simpel dan portabel. Buktinya, R7 mampu menghasilkan kualitas gambar ultra HD – yang artinya setara dengan gambar yang dihasilkan kamera profesional.

Guna menunjang kinerja kamera, R7 dilengkapi dengan ultra-clear flash agar tetap bisa menghasilkan gambar yang apik dalam kondisi minim cahaya. Bukan itu saja, pengguna juga dimanjakan dengan segudang fitur fotografi super keren baik yang automatic maupun manual. Semua bisa dicoba layaknya menggunakan kamera profesional. Dengan pembaruan teknologi Pure Image 2.0+, R7 diklaim mampu menghasilkan kualitas gambar Ultra-HD layaknya gambar yang dihasilkan kamera profesional 50MP. Bahkan, untuk membuktikan gambar yang dihasilkan R7 berkualitas Ultra-HD, mas Aryo memamerkan gambar-gambar keren hasil bidikan R7 yang diambil oleh fotografer dari seluruh dunia. Sungguh, benar-benar buat saya ngiler untuk memilikinya.

Bagi cewek-cewek yang demen selfi cantik, kehadiran R7 ini juga jadi kabar bahagia lho. Tahu kenapa? R7 dibekali teknologi beautify 3.0, yang bikin foto selfi begitu sempurna, bahkan bisa menyamarkan usia juga. Hihihi. Tanpa aplikasi 360 pun, selfi cantik begitu gampang dilakukan dengan R7. Kebiasaan yang nggak pernah ketinggalan setelah memotret adalah mengunggahnya ke media sosial, seperti instagram. Nah, R7 ternyata punya album filter komplit sebagaimana yang ditemukan di instagram. Dengan fitur ini, hasil foto R7 bisa langsung dipercantik agar bisa tampil ciamik. Pokoknya, jika ingin benar-benar tahu hasilnya, kudu mencoba sendiri. Kalau baca-baca review saja, dijamin nggak bakal terpuaskan. 😀

Hasil jepretan R7
Biar lebih percaya, Mas Aryo buktikan hasil jepretan R7 yang mampu menghasilkan gambar Ultra-HD setingkat kamera profesional 50MP [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]

Bagaimana dengan penyimpanan? Tenang, usir jauh-jauh rasa khawatir, karena R7 dibekali dengan memori internal yang cukup lapang, 16GB vrooh. Itu cuma buat menyimpan foto, pakai aplikasi atau game HD sesuka hati. Wah bisa lemot dong? R7 sudah menyediakan 3GB khusus untuk RAM, jadi nggak perlu khawatir smartphone tiba-tiba lemot, macet atau bahkan mati sendiri pas lagi genting-gentingnya digunakan.

Selain kamera, kualitas musik sebagai penunjang hiburan sebuah smartphone juga nggak lupa saya coba. Musiknya cukup nendang, tetapi karena nggak disediakan earphone, saya nggak sempat merasakan gelegar suara R7 langsung di telinga. Keunggulan lain R7 yang juga nggak luput disampaikan adalah flash charging. Tampaknya OPPO begitu paham, secanggih apapun sebuah smartphone bakal keok kalau nggak dibekali kemampuan pengisian baterai yang super. R7 dibenami VOOC Flash charge yang membuat proses pengisian baterai menjadi super cepat. Bahkan, hanya 5 menit charging, smartphone mampu bertahan selama 2 jam. *tambah ngiler pengen punya*

Mirror 5

Nah, ini dia produk VIP Line Up dari OPPO yang nggak kalah menarik untuk dibedah. Berbeda dengan R7 yang begitu unibody dengan material yang tampak kokoh dan premium, Mirror 5 justru tampil lebih simple khas smartphone middle-end atau kelas menengah. Mirror 5 bisa jadi line-up terbaru OPPO untuk versi terjangkau, namun dengan tampilan yang nggak kalah menawan. Dari depan memang akan tampak biasa, tapi setelah melihat back cover-nya, barulah tampak ‘VIP’ Mirror 5.

Sekilas desain back cover Mirror 5 mirip potongan kaca, namun tahukah Anda bila inspirasinya dari kilauan berlian? OPPO menyebutkan bila diamond-patterned berbentuk prisma ini dibuat melalui teknik embossing ultaviolet yang canggih, sehingga bisa tercetak sempurna di bodi belakang Mirror 5. Namun, apapun jenis motifnya, bagi saya desain Mirror 5 begitu elegan dan jauh dari kesan murahan. Bahkan, setiap orang yang membawanya bisa terlihat lebih gaya.

Mirror 5
Bodi tipis Mirror 5 kian ciamik dengan back-cover berdesain diamond-patterned. Oya, fitur beautify terbaru benar-benar bikin kita lebih cantik (baca: tampan) lho. [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]

Cantik di sisi desain, bukan artinya keunggulan Mirror 5 sebatas itu saja. Mirror 5 memiiki ukuran layar yang sama dengan R7, yaitu 5 inci. Hanya bodinya nggak setipis R7 (6,3 mm). Namun tetap saja, dengan ketebalan 7,65 mm bagi saya Mirror 5 tetaplah lebih tipis dari ponsel saya. Hee. Selain itu, karena lebih terjangkau dari R7, layarnya tidak ditunjang dengan teknologi Super AMOLED. Meski begitu, Mirror 5 masih sanggup menampilkan gambar yang tajam melalui teknologi IPS LCD capasitive touchscreen. Nggak serealistis tampilan grafis R7 memang, tapi sudah mampu memanjakan mata setiap penggunanya.

Minim di layar, bukan lantas membuat pengguna menjadi nggak terpuaskan. Secara tampilan, UI Mirror 5 juga sudah mengadopsi teknologi ColorOS 2.1 yang membuat tampilannya begitu smooth dan user friendly layaknya R7. Berkat teknologi ini pula, pengguna bisa menikmati kustomisasi ikon homescreen hanya dengan sekali kocok seperti R7. Soal hiburan, musik yang terdengar lewat speaker Mirror 5 lumayan nendang, clear bass dan jauh dari suara cempreng.

Nggak sampai di situ, taji Mirror 5 sebagai produk VIP Line Up yang berfokus pada fotografi juga bisa dinikmati dari kemampuan kameranya. Sebagai ponsel pintar kelas menengah, Mirror 5 sudah ditunjang dengan kamera utama 8MP dan kamera depan 5MP. Soal kualitas gambar, nggak perlu diragukan. Karena segala fitur fotografi yang ada di R7, juga ada di Mirror 5, seperti double exprosure, various filter hingga beautify 3.0 yang begitu diidam-idamkan penggemar selfi cantik. Masih banyak lagi mode fotografi yang terbenam di Mirror 5 dan bisa membuat penggunanya terpuaskan dengan langsung mencobanya.

Baca review saja nggak cukup bikin kita terpuaskan. Langsung dicoba dong [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]
Baca review saja nggak cukup bikin kita terpuaskan. Langsung dicoba dong [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]

Dari semua fitur fotografi, double exposure pada Mirror 5 (yang juga ada di R7) paling disambut meriah saat FYI Experiences Tour OPPPO di Malang. Alasannya, simpel, bisa bikin foto berpasangan, tapi nggak harus ribet cari orang untuk memotretkan. Caranya? Tinggal gantian aja memotret, jadi deh hasil fotonya berpasangan. Bahkan, kata mas Aryo fitur ini berkah banget bagi yang masih jomblo. Ups!

Ada lagi fitur memotret diam-diam, inilah yang jadi keunggulan tersendiri Mirror 5. Dengan mode layar off, Mirror 5 bisa membidik foto rahasia hanya dengan memegang tombol up-down bersamaan hingga muncul getaran. Tahu-tahu, objek yang difoto sudah langsung masuk di galeri. Keren kan? Selain itu, berkat mode Ultra-HD, foto yang dihasilkan Mirror 5 juga nggak kalah berkualitas Ultra-HD pula. Layar bukan Super AMOLED nggak jadi masalah, karena saat dicetak hasil foto Ultra-HD Mirror 5 sama menakjubkannya dengan R7. Tinggal mana di antara keduanya yang sesuai dengan kantong Anda. 😀

Short Tour, More Experiences

FYI Experiences Tour Malang
FYI Experiences Tour OPPO Malang, tur singkat yang bikin kami semua menerima banyak pengalaman – plus hadiah bagi yang beruntung mendapatkan [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]

Selain suasana lokasi yang begitu beda, acara tur singkat OPPO sulit untuk terlupakan karena memberikan begitu banyak pengalaman. Kesempatan menjajal produk baru, pastinya menjadi pengalaman seru yang membanggakan, karena nggak semua orang bisa mengalaminya. Namun, yang paling menarik dari FYI Experiences Tour OPPO ini, bagi saya adalah saat dimana kami diminta berkompetisi membidik foto terbaik menggunakan kedua produk VIP Line Up tersebut. Bayangkan, betapa bahagianya disuruh jeprat-jepret, sudah begitu yang hasil bidikannya paling keren dapat hadiah lagi. Apalagi lokasi Ubud Hotel and Villas Malang, mendukung banget untuk dijadikan objek fotografi di setiap sudut-sudutnya.

Beradulah kami, menyebar ke sana-kemari, mencari lokasi terbaik dengan berbagai angle bidikan. Ada yang begitu semangat, termasuk saya, ada juga yang santai-santai saja mengikutinya. Bagi sebagian undangan, bisa menjajal handset terbaru sebelum masuk pasaran saja sudah jadi pengalaman berharga. Sehingga ngggak terlalu berambisi untuk jadi pemenang jeprat-jepret menggunakan Mirror 5 maupun R7 – atau mungkin karena minder duluan kali ya, karena melihat pesaingnya fotografer profesional sekelas jurnalis semua. hihihi.

Anyway, kompetisi akhirnya selesai, semua foto dikumpulkan ke panitia dan mas Aryo lah yang mengumumkan juaranya sekaligus menutup rangkaian FYI Experiences Tour di Malang kali ini. Foto terbaik pun diumumkan dan pemenangnya langsung diberi hadiah — modem kayaknya. Saya pikir jadi undangan istimewa bakal dapat cinderamata salah satu produk VIP Line Up gitu dan nggak terduganya memang ada kejutan bagi-bagi Mirror 5. Tapi, Mirror 5 gratisan ini bukan didasarkan bagusan-bagusan motret, yang paling manis saat duduk, atau yang paling rajin meresume mas Aryo bicara, melainkan murni faktor keberuntungan saja.

Diam-Diam Jadi Pemenang

Neng Biker
Neng Biker (nengbiker.com) lagi diem sambil berdoa hingga akhirnya beruntung dapat Mirror 5 gratisan [Hak Milik Foto: Iwan Tantomi]

Selama acara ini berlangsung, orang yang memberitahu saya tentang acara ini, Neng Biker, malah terlihat diam-diam saja. Menyimak juga dengan santai, nggak serius-serius amat. Begitu juga saat kompetisi jeprat-jeprat, nggak tampak begitu semangat dan justru asyik sendiri dengan ponsel pintar – yang saya tahu diperolehnya dari gratisan. Tiba pengumuman pemenang, lagi-lagi dia masih asyik sendiri bermain smartphone. Malah saat yang lain begitu ngarep mendapatkan Mirror 5 gratisan, eh si Neng justru yang jadi pemenangnya. Sontak saja, yang lain bilang, “Waaah, ulang. Udah sering dapat gratisan dia (kayaknya mereka tahu kalau si Neng Biker ini ratunya keberuntungan)”. Bagaimana nggak beruntung, dalam sebulan sudah ganti hape 3 kali yang semuanya gratisan alias dapat hadiah. Sementara mas Aryo hanya bilang, “Jangan-jangan dari tadi diem, banyakin berdoa dalam hati ya, biar dapat Mirror 5”. 😀

Namanya keberuntungan, siapapun yang menerimanya nggak bisa disalahkan. Karena bagaimanapun juga itu rezeki yang harus disyukuri. Jika yang menerima oranglain, ucapkan ‘selamat’ saja lah, nggak perlu sampai iri hati. Siapa tahu melalui FYI Experiences Tour OPPO, nggak dapat Mirror 5 pas acara, tapi justru dapat R7 karena mengulasnya. *langsung jadi pendiem dan banyakin berdoa*

Panjang lebar menulisnya, inilah bukti jika saya memang benar-benar dapat pengalaman berguna dari FYI Experiences Tour OPPO. Padahal sudah lumayan lama acaranya, tapi masih teringat dengan baik dan bisa diceritakan dengan asyik dan komplit. Semoga saja R7 benar-benar saya punya 🙂

Diterbitkan oleh

Iwan Tantomi

A strong walker who likes to travel and eat Indonesian foods. Also a professional editor, a blogger, a man behind the camera. And, wanna friendship with me?

14 tanggapan untuk “Diam-Diam Jadi Pemenang”

    1. Hahaha, lah emang pas diliatin kayak khusyuk banget gitu, ampek tak foto aja nggak sadar *padahal bunyi cekrek* Pantes deh orang yg liatnya nyangka lagi berdoa kenceng, apalagi dapat Mirror 5, makin disangka paling kenceng deh doanya 😀

      Suka

      1. maaf lagi ternyata aku lupa pernah kenal sama mas, aku baru tau pas liat foto nya mas aji di IGnya mas,, 😀 , selamat bertemu lagi didunia yg berbeda

        Disukai oleh 1 orang

  1. (lupa pernah kenal) —> nyesek banget dengernya, wahaha. yaya, kita kan memang manusia bukan lumba-lumba, anjing atau kuda, yang ingetannya kenceng banget 😀

    Eh, follow followan yok, biar makin akrab tukeran blognya 🙂

    Suka

    1. wahaha blogku isinya curhatan doang aku malu mas, polback IGku ya,,,
      wahaha untuk itu aku berterimakasih sama mukanya mas aji yg ada di Ig mas haha

      Suka

      1. yawes follow aja blogku, hahaha.
        Siapa tahu ada event blogger, nanti kamu bisa ikutan join. Karena aku sering dapat undangan dan ku publikasi di blog. Eh, btw, kamu tinggal di mana sekarang?

        Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.