Negeri Impian Itu Ternyata Tangerang

Gardenville, salah satu hunian yang berada di kawasan CitraRaya Tangerang [Hak Milik Foto: CitraRaya]

GardenVille, salah satu hunian yang berada di kawasan CitraRaya Tangerang [Hak Milik Foto: CitraRaya]

Gaya hidup urban yang cenderung mengarah ke perkotaan, memang telah menjadi tren dari tahun ke tahun. Kota sebagai magnet perekonomian selalu berhasil menarik minat para eksekutif muda dan tenaga profesional untuk datang. Tenaga yang prima, otak yang mumpuni dan semangat kerja yang membara selalu menjadi daya tarik setiap perusahaan. Demi menggaet mereka, infrastruktur kota pun terus ditingkatkan. Gedung perkantoran semakin ditinggikan, begitu juga dengan upah yang semakin menggairahkan.

Pesatnya infrastruktur perkantoran, kadang tidak diimbangi dengan fasilitas hunian yang memadai. Walhasil, profesional muda ini harus rela bolak-balik antar kota hanya untuk kerja dan pulang ke rumah. Sekalinya ada hunian yang dekat dengan kantor, harus rela berebutan karena jumlahnya terbatas. Itupun belum tentu nyaman. Imbas pengaturan tata kota yang buruk, seperti kebisingan dan kemacetan dimana-mana, pada akhirnya membuat suasana tinggal di perkotaan kini tak lagi menjadi idaman.

Ingin rasanya, hunian idaman yang asri, nyaman dan hijau layaknya di negeri impian bisa segera diwujudkan. Apalagi, jika di dalamnya bisa terintegrasikan dengan pusat bisnis dan perkantoran. Tentunya, tak perlu lagi bolak-bolik antar kota hanya untuk bekerja maupun berlama-lama di jalanan hanya karena macet. Betapa bahagianya bisa tinggal di kawasan yang seperti itu. Kabar baiknya, kota impian tersebut ternyata benar-benar bisa dijumpai di CitraRaya Tangerang.

jalur-sepeda

Jalan khusus sepeda di sepanjang CitraRaya Boulevard, sebagai wujud penerapan EcoCulture di kawasan CitraRaya [Hak Milik Foto: CitraRaya]

Dengan luas pengembangan sebesar 2.760 Ha, CitraRaya merupakan kota terpadu sekaligus terbesar yang dikembangkan oleh Ciputra Group. Sejak dibangun tahun 1994, kawasan CitraRaya sudah menjadi satu Regional dan Business Center yang berkembang pesat di Cikupa, Tangerang. Kini, CitraRaya telah menjadi rumah nyaman hampir 60.000 kepala keluarga, dengan lebih dari 42 cluster perumahan dan 1.800 unit komersial.

Meski berada di Tangerang, kawasan CitraRaya jauh dari kesan pusat industri dan manufaktur berskala internasional yang panas dan lembap. Hal ini karena perumahan idaman di TangerangΒ ini mengedepankan konsep kota yang berkesinambungan, termasuk di antaranya penerapan EcoCulture yang dimulai sejak tahun 2011. Program revitalisasi ini bertujuan membangun budaya cinta lingkungan yang ada di CitraRaya. Bahkan, CitraRaya juga telah membangun beragam fasilitas dan infrastruktur yang berpedoman pada EcoCulture.

Lampu-LEDv2

Lampu LED bertenaga surya di CitraRaya tengah [Hak Milik Foto: CitraRaya]

Perwujudkan EcoCulture ini dapat dilihat dari penggantian fasilitas penerangan yang tadinya lampu TL (fluorescent) menjadi LED di CitraRaya Tengah dan sumber energi listrik tenaga surya yang dapat diperbarui sekaligus ramah lingkungan. Demi terwujudnya kebersamaan antar penghuni sekaligus untuk mendukung aktivitas sehat dan ramah lingkungan, CitraRaya menyediakan jalur khusus sepeda di sepanjang CitraRaya Boulevard. Hebatnya, budaya cinta lingkungan ala EcoCulture ini juga diaplikasikan oleh para penghuni CitraRaya dengan membuang sampah organik dan anorganik di tempatnya masing-masing.

Sebagai kota terpadu, CitraRaya tidak melupakan beragam fasilitas penting yang dibutuhkan oleh para penghuninya. Setelah berkutat dengan pekerjaan, para penghuni bisa menyegarkan tubuh dan pikiran dengan berolahraga di CitraRaya Sports Club. Ada banyak fasilitas olahraga yang disediakan seperti tempat gym yang lengkap, lapangan tennis, futsal, bulu tangkis, basket serta kolam renang yang luas. Bukan hanya itu, fasilitas rekreasi juga tersedia lengkap di CitraRaya. Sebut saja, World of Wonder. Didirikan pada tahun 2012, theme park pertama di Tangerang ini menggabungkan aktivitas edukasi dan rekreasi, sehingga dapat dijadikan tempat bermain dan belajar yang sempurna bagi anak dan keluarga.

World-of-Wondersv2

World of Wonder di kawasan CitraRaya yang sudah menjadi bagian dari wisata Tangerang [Hak Milik Foto: CitraRaya]

Jika ingin melepas akhir pekan dengan bermain air, tinggal datang ke Water World CitraRaya. Banyaknya wahana air yang seru dan menyenangkan, membuat tempat wisata air ini cocok dijadikan jujukan rekreasi keluarga. Istimewanya, ketiga fasilitas hiburan, yaitu Sports Club, World of Wonder dan Water World CitraRaya ini terletak di satu area, sehingga sekali datang bisa mengunjunginya semua. Lantas, apakah fasilitas rekreasi ini hanya untuk penghuni CitraRaya? Tentu saja tidak. Meski berada di kawasan CitraRaya, masyarakat umum dari manapun juga bisa menikmatinya. Sebab, beragam fasilitas rekreasi CitraRaya yang lengkap ini sudah menjadi bagian dari wisata Tangerang.

Makanya, jika datang ke Tangerang, jangan lupa untuk mampir ke kawasan CitraRaya. Hal ini karena kawasan CitraRaya tidak hanya memiliki fasilitas hiburan. Di dalamnya bisa ditemukan taman kota yang luas, klub keluarga, kawasan niaga, sekolah, sarana ibadah hingga rumah sakit yang telah direposisi menjadi green community. Artinya, semua infrastruktur dan fasilitas yang ada, dibangun dengan mengadopsi konsep bangunan berkelanjutan serta ramah lingkungan.

Nah, tak menyangka bukan, bila hunian idaman yang selama ini ada di dunia impian, ternyata sudah terwujud di Tangerang. Let’s make the dream come alive! πŸ˜€

——————————————————

Β Badge Writing Competition CitraRaya

One thought on “Negeri Impian Itu Ternyata Tangerang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s