Jadinya ke Bandung Kapan?

Jarak tempuh Malang-Bandung bisa dibilang lumayan walau masih satu daratan, tapi akan habis diperjalanan (naiknya kereta) bila untuk berakhir pekan.

Sementara yang kita tahu Bandung tidak hanya punya Gedung Sate yang begitu ikonis, Masjid Raya dengan Alun-alun berumput sintetisnya yang lagi ngehits atau wisata belanja ala distronya yang begitu tersohor. Bandung masih punya banyak destinasi yang layak untuk dikunjungi. Sebut saja, Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Tebing Keraton yang belakangan mulai santer dibicarakan keindahannya.

Bayangkan saja, dengan waktu dua hari selama weekend nggak akan cukup menjelajahi semuanya. Namun, bukan artinya nggak mau pasang rencana perjalanan akhir pekan ke Bandung. Memang pergi ke Bandung nggak harus nunggu weekend. Kalau memang bisanya ke sana pas weekend ya… dicicil lah jalan-jalannya. Toh meski sebulan, satu semester, setahun atau bahkan sewindu sekalipun jarak Malang-Bandung tetaplah sama (kecuali pulau Jawa terbelah, peace!).

Sebagai travel blogger ke manapun tujuannya saya selalu semangat untuk mengunjunginya. Apalagi kalau menyangkut salah satu daerah di Indonesia, pasti semangat banget. Bukan karena nggak suka keluar negeri (atau mungkin nggak ada ongkos), tapi bagi saya setiap daerah di Indonesia selalu memiliki keunikan tersendiri yang menarik untuk diulas. Nah, bila ada kesempatan ke Bandung, walau hanya berakhir pekan, tujuan awal yang ingin saya kunjungi adalah wisata alamnya.

Mulai yang pertama adalah Kawah Putih. Kali pertama tahu dari liputan acara jalan-jalan yang di tayangkan oleh salah satu televisi masa kini, tahu sendirilah namanya. Saat itu, nge-shoot-nya difokuskan pada bagian kawah putih yang sekilas kayak studio animasi tempat shooting film sains-fiksi. Apalagi waktu itu ada orang prewed, pas deh saya nebaknya studio animasi yang ada di kandang Hollywood. Ternyata tebakan salah, setelah host-nya nongol dengan baju ala Korea gitu, bilangnya dingin banget di sana. Sontak saya pengen nebak mereka lagi di Korea. Nah lho… ternyata eh ternyata, mereka di Kawah Putih Ciwidey Bandung. Wiih… langsung deh pengen nyemplung ke sana saat kali pertama ke Bandung.

10734066_807200202677889_2923528881344759143_n

Nangkring di Tebing Keraton Foto Facebook Si Alan

Ada lagi, Tebing Keraton. Kalo yang ini tahunya setelah teman saya upload foto di salah satu sosmed besutan Bang Mark Zuckerberg. Paling bikin kesel, setiap upload foto nama saya ditag. Awalnya saya pikir dia sedang liburan ke Bukit Barisan Sumatera atau Maros Pangkep di Makassar, nggak taunya setelah saya interogasi dia sedang bertengger di salah satu spot yang katanya antriannya berjibun di Tebing Keraton, Bandung. Alasannya sih cukup masuk akal, karena bisa ambil angle foto yang hasil jepretannya bisa mengingatkan kita pada salah satu hutan karst di China. Jadilah bertambah satu, destinasi alam yang ingin saya kunjungi di Bandung, yeah… Tebing Keraton and Kawah Putih, I’m coming!

1509127_1566953383530662_1601319819_n

Pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh si Joko di Puncak Tangkuban Perahu (Foto dari Facebook Jo Kosupri Yanto)

Aksi pamer foto ternyata nggak henti-hentinya menyiksa hati. Masih dari seorang teman yang lagi istiqomah upload foto pendakian. Beda orang sih, tapi ada satu hal yang menarik saat saya amati fotonya. Mulanya nggak sebegitu tertarik, karena baru saja saya turun dari Semeru, setelah beberapa kali ke Bromo dan sempat lihat sunrise di Panderman. Benar sekali, gunung-gunung ini memang cukup ngehits di Jawa Timur. Selain itu, saya masih lelah dan ingin menjajaki wisata alam yang lain. Tapi, usai dijelasin panjang lebar sama si Joko betapa bedanya panorama Tangkuban Perahu dengan gunung-gunung di Jawa Timur, langsung deh bikin saya kepincut untuk menapakinya. Jadilah tiga tempat wisata alam yang ingin saya kunjungi di Bandung, Kawah Putih, Tebing Keraton dan Tangkuban Perahu.

Nggak jauh beda dengan masyarakat Indonesia pada umumnya, travel blogger juga gemar cari gratisan. Secara, siapa sih yang bakal nolak saat ditawari liburan gratis? Banyaknya destinasi wisata yang perlu dikunjungi di Bandung membuat kita mau nggak mau menyiapkan rencana perjalanan yang matang. Boleh-boleh aja menggunakan asas traveling ala backpacker, β€˜asal bisa sampai ke tujuan wisata tidur di masjid pun nggak jadi masalah’. Oke fine, nggak jadi kebiasaan juga kan?

Kabar gembira untuk kita semua (sst… bukan tentang kulit manggis lho, tapi…) PergiDulu mau kasih voucher menginap 1 malam gratis di Sheraton Bandung Hotel & Tower. Kebayang setelah seharian mengunjungi tempat-tempat indah di Bandung, malamnya singgah di Rumah Sosis dan berlanjut ke Yogurt Cisangkuy yang bikin ngiler masyarakat seantero Indonesia. Nggak lupa ngopi-ngopi bareng warga Bandung sambil mengunjungi taman kota tematik yang cukup unik gagasan sang walikota, Ridwan Kamil hingga ditutup dengan merebahkan badan di atas kasur empuk hotel berbintang. Sungguh akhir pekan yang menyenangkan.

Well, walau hanya dua hari satu malam di Bandung, paling nggak mengunjungi tempat indah sambil ditutup dengan bermalam di hotel mewah gratis macam Sheraton Bandung Hotel & Tower cukup memberikan kesan mendalam dan menggoda saya balik lagi ke Paris of the East… lagi dan lagi… Karena apa? Bandung masih belum saya telanjangi sepenuhnya, hihihi… wish me luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s